SULTENG RAYA – Kelompok Studi (KSPM) GIS FEBI UIN Datokarama menginisiasi kegiatan Syariah Investing Competition (SIC) 2023 UIN Datokarama Palu, di Aula UIN Datokarama Palu, Senin (27/11/2023).

Kegiatan itu merupakan kompetisi yang diisi dengan pelbagai kegiatan seperti Seminar Edukasi Keuangan dan Pasar Modal oleh Sulawesi Tengah, PT BEI KP Sulawesi Tengah dan PT Phillip Sekuritas Indonesia yang dibuka langsung oleh Rektor UIN Datokarama Palu, Prof. Lukman S Thahir.

Kemudian dilanjutkan dengan Training Mekanisme Perdagangan pada 28 November 2023.  Kegiatan itu terselenggara atas kerja sama , BEI Sulteng, UIN Datokarama Palu, dan Phillip Sekuritas Indonesia.

Adapun mekanisme kompetisi SIC 2013 ini terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama PT Phillip Sekuritas Indonesia sebagai Mitra Anggata Bursa akan membagikan akun trial kepada peserta dengan saldo virtual masing-masing sebesar Rp100.000.000.

Saldo itu akan digunakan oleh para peserta untuk bertransaksi syariah sesuai hasil analisa masing-masing peserta. Kemudian lima peserta dengan persentase capital gain (keuntungan) yang tertinggi akan lanjut ke tahap selanjutnya.

Tahap kedua, lima peserta tersebut diwajibkan untuk menyiapkan presentasi dari hasil portfolio yang akan dinilai oleh tim juri pada hari Jumat, 15 Desember 2023. Selanjutnya akan di umumkan tiga peserta terbaik.

Dengan adanya Syariah Investing Competition 2023 UIN Datokarama Palu ini diharapkan dapat mengekskalasi minat para UIN Datokarama Palu untuk menjadi syariah dengan memahami dan mengenal instrumen keuangan syariah serta mekanisme perdagangan di pasar modal, khususnya saham.

Para peserta yang berasal generasi Z (gen-Z) kemudian diharapkan dapat menjadi investor yang edukatif serta adaptif dalam menyikapi keadaan lingkungan sekitarnya demi menuju generasi yang cerdas. */RHT