SULTENG RAYA – Dalam upaya memastikan kelancaran, keamanan dan ketertiban Pemilihan Umum tahun 2024, Bupati Morowali Utara DR. dr. Delis J. Hehi, MARS, hadir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Sulteng dengan fokus pada peningkatan sinergitas antar instansi.

Rapat yang diadakan hari Rabu (23/11/2023) di Best Western Hotel dihadiri oleh Bupati se-Sulteng serta perwakilan instansi terkait, guna membahas strategi bersama dalam menyukseskan proses demokrasi yang aman dan damai.

Tema utama Rakor kali ini ”Peningkatan Sinergitas Dalam Menyukseskan Pemilu Yang Aman Dan Damai Tahun 2024″, Pemerintah Kabupaten Morowali Utara menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektoral dan koordinasi yang erat dalam memastikan keamanan dan ketertiban serta perlindungan hukum selama proses nanti.

Dialog aktif yang dipimpin oleh Forkopimda, dengan partisipasi Pemda Morowali Utara menyuarakan komitmen untuk bekerjasama dalam mengantisipasi potensi ancaman dan menjamin proses demokrasi yang transparan, bebas dari gangguan, serta mengedepankan prinsip keadilan bagi seluruh pemilih.

Dalam Rakor ini, disepakati pula untuk melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat guna memastikan pemahaman yang baik tentang pentingnya keamanan dan ketertiban dalam Pemilu 2024.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura yang ikut hadir pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas terlaksananya rakor tersebut.

Rusdy Mastura berharap agar seluruh aparatur negara, baik Penyelenggara Pemilu, TNI/Polri maupun Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Non PNS agar mengedepankan netralitas dalam rangkaian pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024, baik menjelang, pelaksanaan, maupun sesudah pesta demokrasi.

“Seorang ASN dituntut netral dan harus bebas dari segala bentuk pengaruh apapun dan tidak memihak pada kepentingan siapa pun,” ucap Gubernur

Turut hadir Sekjen Kemendagri, Direktur Ormas Ditjen Polpin Kemendagri, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Kapolda Sulawesi Tengah, Kajati, Korem 132/Tdl, Kaban Intelijen Daerah Sulteng, Sekdaprov Sulteng, Ketua Pengadilan Tinggi Sulteng, Ketua Pengadilan Agama, Bupati/Walikota se-Sulawesi Tengah. *VAN