RAYA – Bupati Tojo Unauna (Touna), Mohamad Lahay menyalurkan donasi untuk masyarakat Palestina melalui Lembaga Amil , dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu).

Donasi hasil penggalangan dari masyarakat Touna sebesar Rp100 juta tersebut, secara simbolis diserahkan langsung oleh Lahay, kepada Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sulteng, Muh. Amin Parakkasi didampingi Ketua Lazismu Sulteng, Dr. Burhanuddin, di Kantor PW Muhammadiyah Sulteng, Kamis (9/11/2023).

Moh Lahay mengatakan, donasi tersebut dikumpulkan atas dasar niat ikhlas untuk membantu masyarakat Palestina, khususnya di Gaza, yang saat ini sedang berada dalam kesulitan akibat agresi Israel.

“Ini dengan satu tujuan, untuk berpartisipasi membantu saudara-saudara kita di Palestina. Kalau mau ditanya, banyak dari kita yang bahkan ingin terjun langsung berpartisipasi membantu ke sana,” kata Lahay.

Ia mengatakan, Lazismu dipilih karena dipandang sebagai lembaga terpercaya, yang dapat menyalurkan langsung bantuan tersebut.

“Saya tekankan, jangan sampai niat baik kita ini salah titip atau tercecer. Jangan sampai kita susah-susah mencari dana, tapi arahnya tidak tentu. Kami mendapat ada jalur dari Muhammadiyah melalui Lazismu, dan itu yang disepakati,” tuturnya.

Lahay menyebut, jumlah donasi yang diserahkan akan bertambah pada tahap selanjutnya. Ia juga mengaku akan mengupayakan hal itu dapat digerakkan di seluruh kecamatan yang ada di Touna, dan diharapkan penggalangan donasi dapat terus berjalan.

“Sebagai langkah awal ini Rp100 juta dulu, masih ada lagi nanti Rp100 juta lebih. Terima kasih kepada Muhammadiyah melalui Lazismu, Insyaallah bisa langsung tersalurkan,” pungkasnya.

Ketua PW Muhammadiyah Sulteng, Muh. Amin Parakkasi mengatakan, donasi yang disalurkan oleh masyarakat Touna melalui Lazismu akan dikelola secara nasional melalui Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah, bersama donasi yang terkumpul dari Lazismu di seluruh Indonesia, bahkan mancanegara, untuk disalurkan langsung kepada warga Palestina.

“Insyaallah, amanah dari masyarakat Touna akan disalurkan sesuai peruntukannya,” kata Amin.

Ia menekankan, Lazismu saat ini terus berpartisipasi menggalang donasi di seluruh Indonesia, untuk dibawa langsung menuju Palestina. Pada tahap awal, Muhammadiyah telah menyalurkan langsung bantuan senilai sekira Rp45 miliar untuk kebutuhan masyarakat Palestina. Selain dalam bentuk uang, bantuan tersebut juga dalam bentuk pangan, obat-obatan hingga .

Penyaluran langsung yang dilakukan Bupati Touna, kata Amin, diharapkan dapat menjadi motivasi dan syiar kepada semua pihak, sebagai Kepala Daerah yang percaya kepada Muhammadiyah untuk menyalurkan bantuan dari warganya.

“Bantuan ini tidak lagi akan dititipkan, tetapi dibawa langsung oleh Muhammadiyah melalui Lazismu, karena juga ada di sana (Palestina). Ke depan, penggalangan ini akan terus terbuka,” tandas Amin. *WAN