RAYA – Cabang Olahraga Triathlon Sulteng berhasil meloloskan dua Atlet ke  Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024. Keberhasilan ini merupakan catatan bagi Negeri Seribu Megalit, karena merupakan pertama kalinya cabor Triathlon lolos ke PON.

“Kita lolos dua atlet, serta tiga nomor. Untuk nomornya Triathlon Standar Putri, Aquathlon Putri dan Aquathlon Putra,”ungkap Ketua Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Sulteng, M Juniarsyah kepada sejumlah wartawan, Senin (9/10/2023).

Adapun atlet Sulteng yang berhasil lolos ke PON adalah Nethavani Octaria dan  Abdul Azis. Nethavani Octaria  akan bertanding di nomor Triathlon Standar Putri dan Aquathlon Putri, sementara Abdul Azis akan bertanding di Aquathlon Putra.

M Juniarsyah mengatakan, keberhasilan Nethavani Octaria ke PON pada nomor triathlon standar putri  setelah meraih medali emas di kejurnas dan memecahkan rekornya sendiri dengan catatan waktu 2 jam 26 menit.

Sementara untuk nomor Aquathlon Putri, Nethavani Octaria hanya berhasil di urutan empat. Adapun Abdul Azis berhasil lolos ke PON setelah menempati urutan 7 nomor  Aquathlon Putra pada kejurnas yang lalu.

“Jadi yang lolos PON ini hanya urutan 1 sampai 10 saja,”jelas M Juniarsyah.

Melihat dan capaian waktu yang ditorehkan atletnya, M Juniarsyah opimis bisa mendapatkan minimal satu medali emas di PON nanti. Pihaknya bersyukur atas  capaian lolos ke PON, meski kepengurusan FTI baru berjalan sekira lima bulan.

Selain berprestasi di PON, target lain FTI Sulteng dalam waktu dekat ini adalah membentuk kepengurusan di seluruh kabupaten/Kota di Sulteng. Kemudian melakukan program pembinaan dan pembibitan, serta menyediakan sarana dan prasana yang memadai.

“Doakan agar Triathlon bisa terus berjaya dan turut menyumbang medali emas di PON, demi kebanggan dan martabat Provinsi Sulawesi Tengah,'jelasnya. WAN