RAYA-SMPN 1 telah melaksanakan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami). Hal itu dilaksanakan untuk memberikan dan pembekalan kepada seluruh anggota pramuka di sekolah tersebut.
Perkemahan dilaksanakan di halaman sekolah diawasi langsung oleh seluruh guru pembina pramuka. Mereka akan mengikuti berbagai pelatihan dan pembelajaran yang lebih maksimal, untuk memaksimalkan pembelajaran pramuka para siswa, sehingga nantinya ketika ada lomba mereka sudah sangat siap untuk mengikuti lomba tersebut.
“Program ini pertama kalinya kami laksanakan di halaman sekolah. Tentunya ini merupakan salah satu program yang sangat penting untuk melatih para siswa di bidang pramuka. Dengan adanya kegiatan ini, siswa bisa memaksimalkan pelatihan pramuka di sekolah. Sehingga nantinya mereka siap mengikuti berbagai lomba pramuka,” kata Kepala SMPN 1 Palu, Yusri, Sabtu (16/9/2023).
Berbagai pelatihan yang mereka laksanakan dalam pelaksanaan Perjusami, menyangkut berbagai lomba yang ada didalam Pramuka. Memang saat ini ada banyak lomba yang bisa dikembangkan oleh para siswa di bidang Pramuka, sehingga memerlukan berbagai pembinaan yang maskimal dari seluruh sekolah.
“Tentunya dengan adanya kegiatan ini, bisa memberikan kegiatan baru kepada para siswa di sekolah. Jadi mereka tidak hanya mengikuti pembelajaran setiap harinya di kelas, tetapi mereka juga bisa melaksanakan perkemahan di sekolah, sehingga mereka juga bisa mendapatkan pengalaman baru belajar sambil mengikuti perkemahan di sekolah,” terangnya.
Menurutnya dengan kegiatan ini, ada banyak manfaat yang didapatkan para siswa selain melatih pramuka, yaitu bagai mana mereka bisa hidup . Selain itu mereka juga bisa belajar kepemimpinan hingga melatih untuk bekerja kelompok, mulai memasak hingga makan bersama-sama. *ENG