RAYA – Siswa SD Islam Al Azhar (SDIA) 63 berhasil mengukir prestasi gemilang di Kejuaraan Nasional The hub Archery championship 2023 yang berlangsung di Cibubur, 12 Agustus 2023.

Muhammad Bagas Aryasatya, seorang panahan cilik berbakat yang berasal dari , Provinsi Sulawesi Tengah berhasil menunjukkan performa yang luar biasa selama kompetisi.  Dia berhasil mengungguli pesaing-pesaingnya pada jarak Standard Bow SD 4-6 Men dari seluruh Indonesia dengan perolehan skor yang mengesankan.

Pada tahapan ajang  panahan tersebut, Bagas berhasil meraih Medali Perunggu Babak Kualifikasi dengan total poin 353 dan berhasil mengalahkan 96 peserta lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. Sehingga Ia berhasil masuk babak eliminasi dengan melawan 8 peserta lainnya yang di ambil dari babak kualifikasi.

Babak eliminasi, Bagas mampu menunjukkan konsistensi dan keahliannya dalam menembakkan panahnya dengan presisi yang luar biasa. Ia berhasil mengumpulkan poin tertinggi dan masuk pada babak semifinal dengan score 6-2 dan masuk final dengan memperebutkan 1,2 dan 3 hingga pada akhirnya  Ia berhasil naik podium dengan meraih 2 medali perunggu.

Saat diminta keterangan, orang tua  Bagas, dr Ofan merasa bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh anaknya. Menurutnya, kerja keras dan dedikasi dari Coach Jimmy Lantang dan Coach Herman di Jakarta telah membuahkan hasil yang membanggakan bagi sekolah dan khususnya wilayah Sulawesi Tengah.

“Keberhasilan di Kejuaraan Nasional ini juga menjadi dorongan dan motivasi yang menjanjikan bagi peserta didik lain di SDIA 63 Palu yang ikut panahan di ajang nasional. Bahkan dengan adanya prestasi seperti ini, diharapkan semakin banyak atlet muda yang terinspirasi untuk mengembangkan bakat mereka dalam olahraga panahan,” ujar dr Ofan

Guru olahraga di SDIA 63 Palu, Syamsu Alam  yang juga pengampuh panahan berharap, kiranya para murid yang berminat di panahan dapat lebih semangat dalam berlatih, sehingga bisa meraih prestasi seperti Bagas.

Kepala SD Islam Al Azhar 63 Palu Mashur Alhabsyi mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih oleh siswanya pada ajang Panahan tingkat Nasional .

“Panahan ini merupakan salah satu ekstrakulikuler yang ada di sekolah kami dan dibimbing oleh beberapa pelatih dari Bulava Archery club dan alhamdulillah sudah beberapa kali meraih prestasi baik tingkat lokal maupun Nasional,” ujar Mashur.

Menurutnya, prestasi yang diraih oleh Bagas merupakan hasil dari kerja keras para pelatih dan kesungguhan dirinya sendiri sehingga mendapat hasil yang maksimal.

Harapannya bukan hanya Bagas, tapi seluruh siswa dan siswi SD Islam Al Azhar lain dapat meraih prestasi tingkat Nasional.

“Kami berharap kedepannya akan didorong dan dibina semua siswa dan siswi untuk meraih prestasi diberbagai bidang, baik akademik maupun non akademik, baik ekskul yang sifatnya cabang olahraga maupun cabang pengetahuan,” jelasnya. *WAN