RAYA – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Sulteng melaksanakan iven Expose Produk Bermutu dan Berdaya Saing di halaman kantor DTPH Sulteng selama tig ahari, yakni Selasa hingga Kamis (8-10/8/2023).

Kepala DTPH Sulteng, Nelson Metubun, mengatakan, iven tersebut menjadi sarana menjawab sekelumit permasalahan dihadapi lokal terkait tata niaga dan kesejahteraan.

Ia menilai, secara umum, petani lokal masih merupakan petani subsistem dengan ciri-ciri kepemilikan lahan masih rendah, penerapan input dan teknologi usaha pertanian masih sederhana, terbatasnya akses petani ke sumber permodalan, relatif kurangnya pengetahuan tentang teknologi peningkatan produksi dan mutu produk, terbatasnya dan akses pasar, serta posisi tawar petani yang masih lemah tidak ada jaminan harga yang layak.

Upaya pemerintah meningkatkan posisi tawar petani dilakukan dengan mamfasilitasi pembangunan dan sarana prasarana, pemasaran petani, serta memfasilitasi jaringan pemasara yang bertujuan untuk kelancaran distribusi produk dari sentra produksi ke sentra konsumen melalui jalur tata niaga yang efisien.

“Kegiatan Expose produk pertanian ini tidak hanya merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya, namun juga merupakan kegiatan rutin dengan skala yang lebih kecil yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali dalam tajuk pasar tani,” katanya.

Iven yang diikuti sebanyak 88 partisipan yang terdiri dari pelaku usaha pertanian, petani, perorangan, kelompok tani, UKM, pelaku usaha pengolahan, organisasi, lembaga pemasaran, instansi terkait, perbankan, dan beberapa sponsor kegiatan itu dimaksudkan membantu distribusi agar petani dan pelaku usaha agribisnis lainnya dapat memenuhi produk sesuai dengan kebutuhan pelaku pasar, pedagang, supplier, pasar tradisional, pasar modern, industri, pabrikan, eksportir, pedagang antar-pulau, dan konsumen sebagai penerima akhir dari produk pertanian.

Sementara itu, Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, berharap iven tersebut menjadi sarana untuk promosi produk pertanian daerah dan mendorong kesejahteraan petani lewat fasilitasi wadah dalam bentuk iven Expose Produk Pertanian. “Semoga kegiatan ini akan mendorong pertumbuhan perekonomian di Sulteng, khususnya sektor pertanian karena potensi komoditas pertanian di daerah kita sangat besar, hal itu dibuktikan sejumlah komoditi unggulan Sulteng telah menembus pasar ekspor diantara kelapa, olahan kelapa, rempah-rempah, buah, semoga produk-produk ini dapat bersaing dan diperhitungkan di pasar nasional dan dunia,” ucap Gubernur Rusdy Mastura. RHT