RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka mengikuti kegiatan tahap presentasi dan wawancara kompetisi inovasi pelayanan publik tahun 2023 secara virtual di ruang rapat khusus Setda Banggai, Jumat (14/7/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, itu dalam rangka penyelenggaraan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di lingkungan Kementerian/lembaga, Pemerintah Daerah, dan BUMD tahun 2023.

Diketahui, Kabupaten Banggai selaku kategori finalis top inovasi pelayanan publik tahun 2023 akan dilakukan penilaian dalam tahap presentasi dan wawancara guna mendapat top inovasi terpuji pada KIPP 2023.

Usai kegiatan itu, Bupati Banggai dalam presentase sekaligus diwawancara secara virtual dihadapan tim panel independen dengan judul Inovasi Ambulance Daring Ibu Hamil, itu menyampaikan sesungguhnya Kabupaten Banggai kalau kita lihat dalam regulasi atau pembagian secara jelas tugas dan fungsi masing-masing stakeholder dalam melaksanakan program Ambulance Daring ibu hamil sudah baik.

“Namun kita juga melakukan kepada petugas kesehatan dan sosialisasi kepada masyarakat, karena pelatihan ini dilakukan oleh petugas kesehatan atau bidan terkait teknis pengoperasian aplikasi dan sosialisasi, dan didengarkan kepada masyarakat baik difasilitasi masalah kesehatan langsung dari rumah ke rumah,” kata Bupati.

Komitmen multisektoral ini lanjutnya, ada Pemerintah Kabupaten (Pemkab), ada jasa layanan kesehatan, ada dukungan dan bantuan dari pemilih pemula. Sekarang ini sudah cukup banyak faktor-faktor produksi, kemudian ada juga Politeknik Kesehatan dari tentang penelitian lingkungan terhadap kegiatan ini.

“Dampak inovasi yang bisa kita lihat untuk ibu hamil muda, maupun dalam inovasi ini, kita bisa melihat beberapa detik, dari ibu hamil dan bidan dalam aplikasi ini, benar-benar punya dampak terhadap kegiatan ini,” jelas Bupati. */MAN