RAYA – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Kabupaten Banggai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai menggelar bakti (baksos) donor darah dan sunatan massal di kantor Bupati Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai, Rabu (12/7/2023).

Donor darah itu, melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banggai, RSUD Luwuk, Dinas Kesehatan Banggai dan panitia kegiatan pada peringatan HUT Banggai. Selain donor darah itu, ada juga sunatan massal yang dilakukan serentak di 23 kecamatan di Kabupaten Banggai.

Wakil Bupati (Wabup) Banggai, H. Furqanuddin Masulili didampingi Direktur Unit Transfusi Darah Luwuk dokter Gunawan, dan Ketua Panitia HUT ke-63 Banggai Ismed Wardana memantau langsung pelaksanaan donor darah ltu yang diikuti, aparatur sipil negara di lingkungan Setda Banggai, OPD dan instansi terkait untuk mendonorkan darahnya.

Dalam laporannya, Nani Nurcahyani Nani selaku Pencari Pelastari Donor Darah Sukara (P2D2S) mengatakan, dari kegiatan donor darah ini, pihaknya mengumpulkan sebanyak 62 kantong darah. “Total yang mendaftar 69 pendonor, yang berhasil didonor 62 orang dan yang ditunda sebanyak 7 orang, sesuai keputusan dokter saat skrining dan pemeriksaan,” terangnya.

Dalam peringatan HUT ke-63 Kabupaten Banggai itu, juga dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan, seperti festival pangan lokal, lomba olahraga tradisional, pekan olahraga tradisional di lingkungan sekolah, hingga . Rangkaian peringatan tersebut akan ditutup dengan acara hiburan di malam puncak perayaan HUT ke-63 Kabupaten Banggai, Sabtu 15 Juli 2023. */MAN