SULTENG RAYA – Wakil Bupati (Wabup) Banggai, Furqanuddin Masulili melepas peserta karnaval dari Alun-Alun Bumi Mutiara Luwuk, Rabu (5/7/2023). “Alhamdulillah, sampai saat ini masih tetap terjaga kekompakan, kerukunan kita, sehingga kita mampu menciptakan rasa aman dan damai di bumi Babasalan yang kita cintai ini,” kata Wabup.

Ia mengajak, masyarakat untuk mensyukuri nikmat Tuhan berupa kekayaan alam dan keragaman etnis yang ada dan telah mendiami Banggai sejak dulu.”Ini merupakan modal penting untuk membangun masyarakat Kabupaten Banggai yang adil dan sejahtera,” ujarnya.

Untuk menyemarakkan perayaan HUT ke-63 Kabupaten Banggai yang jatuh pada tanggal 8 Juli 2023 mendatang lanjut Wabup, selama sepekan penuh Pemkab Banggai mengagendakan sejumlah kegiatan. Selain karnaval budaya ada Festival Pangan Lokal yang akan dilaksanakan tepat di hari jadi Kabupaten Banggai, Sabtu (8/7/2023) di kawasan perkantoran Bukit Halimun, Luwuk Selatan.

“Selain itu juga diadakan lomba olahraga tradisional antar instansi, Pekan Olahraga Tradisional untuk pelajar, bakti sosial, dan kegiatan lainnya,” jelasnya.

Kemeriahan HUT Banggai tambah Wabup, akan ditutup dengan acara Malam Puncak Perayaan HUT Kabupaten Banggai pada 15 Juli 2023. Tampak hadir dalam kegiatan itu, Bupati Banggai H. Amirudin Tamoreka bersama para pejabat Forkopimda dan pimpinan perangkat daerah menyaksikan arak-arakan karnaval itu.

Karnaval itu diikuti oleh seluruh Kecamatan se-Kabupaten Banggai, instansi terkait, paguyupan, swasta dan sejumlah komunitas. Dengan mengenakan mengenakan pakaian adat dari berbagai etnis se-nusantara, para peserta karnaval berjalan kaki dan menampilkan atraksi seni dan yel-yel. */MAN