RAYA – sebagai platform travel terdepan se-Asia Tenggara, terus berinovasi memberikan layanan bagi konsumen.

Terhitung sejak 26 Mei 2023, fitur inovatif 100 persen refund guarantee telah tersedia bagi pemesanan tiket penerbangan internasional.

Traveloka menilai, fleksibilitas dalam perencanaan perjalanan menjadi salah satu pertimbangan terpenting konsumen dalam melakukan pembelian tiket perjalanan.

CEO Transport Traveloka, Iko Putera, mengatakan, sangat penting bagi Traveloka untuk selalu berinovasi dan menyesuaikan diri dengan tren yang ada maupun perubahan perilaku konsumen.

“Opsi perjalanan yang lebih nyaman dengan fleksibilitas dalam mengubah rencana perjalanan sesuai kebutuhan, menjadi penting bagi konsumen kami. Data internal kami mencatat setidaknya 63 persen konsumen menyatakan bahwa fitur jaminan reschedule dan refund merupakan fitur terpenting dalam membeli tiket pesawat,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Kamis (6/7/2023).

Iko menambahkan, dalam merencanakan perjalanan internasional, bukan tidak mungkin kita dihadapkan dengan situasi yang tidak pasti. Seperti kemungkinan visa ditolak ataupun ketika harga tiket pesawat yang tiba-tiba melonjak karena ada event besar, seperti konser atau festival musik.

Dengan menambahkan fitur 100 persen refund guarantee pada pembelian tiket pesawat, diharapkan hal ini dapat mengatasi ketidakpastian tersebut, dimana konsumen tetap dapat membeli tiket pesawat jauh hari sebelum hari keberangkatan untuk menghindari harga tiket pesawat yang lebih tinggi jika dibeli mendekati hari keberangkatan, sehingga konsumen dapat merasa lebih aman serta fleksibel dengan tiket yang dapat di-refund jika diperlukan.

Mengutip Survey Criteo mengenai Preferensi Travel Konsumen, pandemi telah menetapkan standar baru dalam aspek pengalaman konsumen. Konsumen menginginkan penyedia layanan perjalanan yang menawarkan fleksibilitas untuk mengubah rencana perjalanan jika diperlukan.

Secara global, 42 persen mempertimbangkan layanan pengembalian dana yang mudah. Riset Traveloka pada April 2023 juga menunjukkan hasil serupa, dimana kemudahan dalam mengubah pemesanan tiket dan jaminan refund merupakan alasan tertinggi konsumen untuk melakukan pembelian dari suatu platform perjalanan online, di samping promosi yang menarik.

Sebanyak 52 persen konsumen menginginkan kemudahan untuk mengubah rencana perjalanan, sementara 50 persen konsumen juga menginginkan jaminan refund 100 persen.

Didukung oleh mitra ADB Insurance powered by MJP, fitur 100 persen Refund Guarantee telah menjadi fitur favorit konsumen setia Traveloka untuk pemesanan penerbangan domestik sejak tahun 2019. Kini layanan inovatif tersebut telah tersedia untuk penerbangan internasional dengan pemesanan tiket pesawat keberangkatan hingga 10 bulan ke depan.

Konsumen dapat melakukan refund biaya penerbangan hingga 24 jam sebelum keberangkatan, sekaligus mengubah tiket non-refundable menjadi refundable dengan biaya refund mulai dari Rp 200.000.

Fitur refund dan reschedule dapat dengan mudah ditemukan di aplikasi Traveloka, melalui beberapa tahap yakni; pertama, ketika melakukan pencarian. Pengguna dapat mencari dan memilih penerbangan yang diinginkan dengan menambahkan jaminan Refund 100 persen pada pilihan on.

Kedua, apabila telah melakukan pembelian. Jika pengguna telah melakukan pembelian, lengkap untuk melakukan permohonan Refund/Reschedule dapat dilihat pada tab Refund & Reschedule pada menu tiket yang telah dipesan. Konsumen dapat melakukan refund biaya penerbangan hingga 24 jam sebelum keberangkatan.

“Memahami tren perilaku konsumen merupakan bagian dari komitmen kami untuk terus memberikan layanan yang inovatif dan solutif bagi pelanggan kami. Hadirnya fitur refund guarantee 100 persen untuk penerbangan internasional, menjadi salah satu wujud nyata komitmen kami dalam upaya pemenuhan kebutuhan perjalanan konsumen sekaligus menumbuhkan kembali tingkat kepercayaan diri konsumen untuk mengeksplorasi berbagai destinasi internasional,” tutup Iko. RHT