RAYA – Monitoring keuangan dinilai sangat penting dilakukan demi kesuksesan perusahaan jangka panjang.

Pelaksanaan monitoring keuangan secara rutin dan akurat membuat perusahaan dapat mengetahui dan mengukur kinerja keuangannya secara keseluruhan.

Hasil yang didapat dari aktivitas tersebut juga bisa membantu perusahaan dalam mengidentifikasi peluang dan risiko bisnis, membuat keputusan strategis yang tepat, baik pengoptimalan sumber daya maupun efisiensi, dan mengevaluasi pencapaian terhadap target.

Lebih dari itu, akuntabilitas perusahaan di hadapan pemangku kepentingan, mulai dari pemilik, , karyawan, pelanggan, pemasok, pemerintah, hingga masyarakat, pun turut meningkat.

Pasalnya, rutin melakukan pemantauan keuangan dan membuat laporannya menandakan perusahaan menjunjung transparansi bisnis.

Meski penting, monitoring keuangan secara rutin kerap menemui tantangan. Apalagi, sebelum era dan perusahaan memiliki banyak rekening, baik giro maupun deposito, yang tersebar di berbagai cabang atau grup bank. Dalam kondisi itu, perusahaan harus menghubungi Kantor Cabang Bank dan bertanya kepada relationship manager (RM) untuk mendapatkan keuangan yang dibutuhkan.

Proses ini tentu memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Tak jarang, perusahaan harus mencari sumber lain, seperti buku kas, faktur, nota, dan kuitansi untuk menganalisis data keuangan dan membuat laporannya.

Hal ini pun tidak efisien karena harus dilakukan secara manual dan konvensional. Beruntung, perkembangan digitalisasi dapat memberikan beragam solusi untuk kebutuhan tersebut. Prosesnya jadi dapat dibuat lebih mudah dan ringkas.

Perusahaan pun dapat melakukan monitoring keuangan secara dengan hasil yang real-time dengan memanfaatkan inovasi perbankan. Salah satu solusi itu dapat difasilitasi melalui by yang merupakan inovasi dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

QLola by BRI adalah platform solusi terintegrasi yang memungkinkan perusahaan untuk mengakses berbagai produk dan hanya dengan satu kali log in atau single sign on (SSO).

Platform tersebut terdiri dari berbagai platform unggulan, seperti Cash Management, Trade Finance, Supply Chain Management, Foreign Exchange, Investment Services, Financial Dashboard, serta layanan lain yang mampu mengoptimalkan kegiatan bisnis perusahaan.

Salah satu fitur yang menarik dari QLola by BRI adalah Financial Dashboard. Fitur ini merupakan alat bantu yang dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang informasi keuangan perusahaan secara real-time dan interaktif.

Adapun informasi yang ditampilkan diantaranya adalah informasi saldo multirekening giro dan deposito secara real-time, arus kas masuk dan keluar, teratas, dan reporting.

Dengan fitur-fitur yang disediakan QLola by BRI, perusahaan dapat melakukan monitoring keuangan terhadap berbagai rekening dan memanfaatkan hal serupa untuk keuangan cabang-cabang perusahaan.

Tak hanya efisien, visibilitas keuangan yang ditampilkan platform itu juga dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang lebih baik dan cerdas keputusan untuk mencapai keberhasilan jangka panjang.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba atau ingin mendapatkan informasi selengkapnya tentang QLola by BRI, silakan kunjungi laman bankbri.co/QLolabyBRI atau hubungi contact center QLola by BRI di nomor 1500001. KOMPAS.COM/RHT