RAYA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan logistik dan peralatan untuk para korban banjir di Kecamatan Balinggi dan Torue, Kabupaten Parigi Moutong () senilai Rp2,358 miliar lebih.

Selain itu, BNPB juga memberikan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp250 juta. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh anggota komisi VII RI, Matindas J Rumambi, SSos dan Tenaga Ahli BNPB, Brigjen TNI Purnawirawan, Dr Jahidin Chilo kepada Wakil Bupati Parmout, Badrun Nggai di aula Kantor Bupati Parmout, Jumat (9/6/2023).

Bantuan logistik dan peralatan yang akan diberikan untuk warga terdampak banjir terdiri dari, tenda pengungsi dua unit, hygiene kit 300 paket, 500 paket, genset 10 unit, perkakas 100 paket, selimut 1.000 pcs dan matras 1.000 pcs. Sedangkan DSP diserahkan kepada Pemda Parmout untuk digunakan pada kegiatan operasional.

“Kami datang kesini untuk membawa bantuan berupa logistik dan peralatan senilai Rp2 miliar 385 juta lebih. Kemudian ada DSP Rp250 juta. DSP ini Pak Wabup bisa digunakan untuk kegiatan patroli bersama untuk pembelian BBM dalam rangka pengawasan. Saya minta BPBD Provinsi segera mempercepat proses administrasinya agar dananya bisa segera dicairkan,”ujar Jahidin Chilo.

Jahidin berharap bencana serupa tidak terjadi lagi dimasa mendatang mengingat wilayah Kabupaten Parmout mendapat bencana banjir beruntun dalam dua tahun terakhir setelah sebelumnya terjadi Kecamatan Torue tahun 2022 lalu. Karenanya perlu kata Jahidin perlu dicari akar masalahnya.

Anggota Komisi VIII, Matindas J Rumambi mengatakan, Pemda Parmout harus melakukan mitigasi sehingga bisa menyelesaikan akar masalah terjadinya bencana banjir.

“Yang harus diobati itu dari hulu, sedimentasi harus dikeruk, harus dibuatkan embung. Makanya perlu perencanaan dari pemerintah daerah untuk didorong ke pemerintah pusat. Apalagi tahun ini masih dalam pembahasan rencana kegiatan pemerintah di tahun 2024,”jelas Matindas.

Sementara itu Wakil Bupati Parmout, Badrun Nggai menyampaikan apresiasi dan yang tinggi kepada pemerintah pusat melalui BNPB yang telah membantu masyarakat dan Pemda Parmout dalam penanganan banjir. Dia berharap agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Usai penyerahan bantuan, rombongan BNPB, anggota Komisi VIII DPR RI didampingi Wabup Parmout bersama pejabat terkait menuju lokasi eks banjir di Kecamatan Balinggi dan Torue. AJI