RAYA – Bupati Banggai, H. Amiridin Tamoreka bertindak sebagai inspektur upacara (irup) pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 di halaman kantor Bupati Banggai, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Senin (22/5/2023).

Kegiatan yang mengusung tema, Semangat untuk Bangkit, itu dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili, Ketua DPRD Kabupaten Banggai, para unsur Forkopimda, Sekda Banggai, para Staf Ahli Bupati/Asisten/Staf Khusus Bupati, para pimpinan OPD, instansi vertikal, instansi , pejabat TNI-, para Camat dan pimpinan Universitas.

Bupati Banggai yang membacakan sambutan Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyampaikan, 115 tahun yang lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil dan makmur.

“Barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan dimasa sulit, baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan. Dimasa ini, disaat kemerdekaan telah diraih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat dan terus maju bergerak memgorbankan api, semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia emas 2045,” kata Bupati.

Kebangkitan Nasional ditengah krisis dunia lanjutnya, juga ditunjukkan melalui kiprah kita diberbagai forum . Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 Negara/Entitas Regional dengan kekuatan , yakni G20, Presiden G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong semangat untuk bangkit di tingkat dunia dengan mengangkat tema, Recover Together, Recover Stronger. “Kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pun terus berlanjut dengan Keketuaannya dalam Forum di tahun 2023 yang efektif,” tuturnya.

Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia sambung Bupati, menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat Kebangkitan Nasional dalam menyambut era pasca pandemi -19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia emas 2045, mengutip perkataan Dr. Soetomo.

“Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya,” ucap Bupati mengakhiri sambutan Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika RI. */MAN