RAYA – Bupati Poso, dr. Verna GM Inkiriwang melepas ekspor durian beku langsung dari Kawasan Buah di Desa Pandajaya, Kecamatan Pamona Selatan, Kamis (11/5/2023). Ekspor yang dilaksanakan oleh PT Rumah Buah Indonesia sebanyak 6 Ton melalui Bandara Mutiara Sis Al-Jufri dengan tujuan Tiongkok dan .

Kepala Dinas Kabupaten Poso, Suratno melaporkan bahwa perusahaan Rumah Buah Indonesia telah beroperasi di Kabupaten Poso selama satu setengah bulan atau sejak awal puasa. Kawasan buah Pamona Selatan saat ini memasuki panen buah durian dan sudah mengirimkan sebanyak 240 ton durian kupas beku atau setara dengan 1000 ton buah segar berkulit.

Suratno menambahkan, PT Rumah Buah Indonesia bukan satu-satunya perusahaan yang membeli produk durian di Kabupaten Poso. Tercatat sekitar 12 perusahaan, baik lokal maupun regional dan nasional yang beroperasi di Poso.

“Jadi, selain perusahaan yang home base di Bandung, Jawa Barat yang kurang lebih satu setengah bulan beroperasi di sini, ada juga perusahaan Lokal Panda Jaya Ikan Segar sudah mengirimkan buah durian segar berkulit sebanyak 1.500 ton ke Jakarta dan gudang besar Palu,” tutur Suratno.

Manajemen PT. Rumah Buah Indonesia mengkonfirmasi bahwa perusahaannya akan terus beroperasi di Kabupaten Poso. Olehnya, pada puncak acara festival Agribisnis di Pamona Selatan, Rumah Buah Indonesia berkenan menandatangani dengan pemerintah daerah.

Berdasarkan data yang diperoleh media ini, selama musim panen periode Januari – Mei 2023, di Kawasan Buah Pamona Selatan sudah 4.000 ton lebih dikirim ke luar daerah maupun ekspor. SYM