RAYA – PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. () siap memfasilitasi kebutuhan transaksi keuangan masyarakat, yang diproyeksikan mengalami kenaikan menjelang libur dan Idul Fitri 1444 Hijriah. BSI menyiapkan uang tunai sebesar Rp37,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan nasabah.

Wakil Direktur Utama BSI, Bob Tyasika Ananta, mengatakan, saat ini BSI terus memastikan ketersediaan dana tunai. Perseroan juga terus memonitor kesiapan 2.552 jaringan ATM BSI di seluruh Indonesia dapat berfungsi dengan baik selama 24 jam.

“Jumlah pemudik pada Idul Fitri tahun ini diperkirakan mencapai lebih dari 120 juta orang, untuk mendukung kelancaran dan kemudahan masyarakat yang akan merayakan lebaran di kampung halaman, Kami terus memastikan seluruh layanan BSI dapat beroperasi dengan baik,” kata Bob, Selasa (4/4/2023).

BSI, lanjut Bob, memiliki komitmen untuk selalu memberikan layanan prima melalui jaringan elektronik BSI. Nasabah dapat melakukan transaksi tarik tunai, antar cabang, juga pembayaran bulanan melalui jaringan elektronik BSI yang meliputi 2.552 unit ATM, yang terhubung ke dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, hingga Electronic Data Capture (EDC). Untuk kemudahan transaksi, nasabah juga dapat mengguakan layanan BSI Mobile yang dapat di akses dari mana pun dan kapan pun.

Selama periode libur Idul Fitri 1444 H, BSI juga menyiapkan 236 kantor cabang yang akan beroperasi secara terbatas pada periode 19-25 April 2023 di berbagai wilayah Indonesia. Kantor yang akan dibuka operasionalnya pada periode tersebut dapat melayani transaksi nasabah antara lain tarik/setor tunai, pemindahbukuan, handling complaint, transaksi mitra bayar (al. Taspen, Asabri, ). Adapun kantor-kantor BSI yang akan beroperasi secar terbatas tersebut dapat diketahui melalui kanal website resmi BSI www.bankbsi.co.id

“Pengoperasian cabang-cabang ini merupakan implementasi komitmen kami agar dapat terus melayani kebutuhan nasabah. Adapun pemilihan cabang operasional kami fokuskan kepada Kantor Cabang Utama, khususnya di lokasi publik,” ujarnya.

Bob melanjutkan, per Februari 2023, BSI juga menggerakkan lebih dari 65 ribu Agen BSI Smart yang tersebar di berbagai wilayah. Agen BSI Smart ini menjadi kepanjangan tangan BSI dalam membantu nasabah melakukan transaksi keuangan seperti tarik dan setor tunai, transfer antar rekening BSI dan bank lain, pembayaran , , serta pembelian pulsa dan sebagainya yang mudah diakses masyarakat.

Selain itu, BSI juga menyediakan layanan penukaran uang baru kepada nasabah di 32 lokasi kas keliling di berbagai wilayah, seperti dihalaman kantor Bank Indonesia (), , Pelabuhan, Rest Area, Mall, Pasar. Selain itu, layanan penukaran uang tunai ini juga terdapat di 74 lokasi cabang BSI dengan jadwal penukaran yang disesuaikan dengan ketetapan BI pada masing-masing daerah. RHT