SULTENG RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada perangkat desa untuk mencegah timbulnya baru di desa.

“Kami baru memulai dari perangkat desa, tapi Insya Allah ke depan akan mengkaver para imam, pegawai syara dan masyarakat petani dan nelayan. Mohon doanya mudah-mudahan kita terus meningkatkan APBD Kabupaten Banggai,” kata Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka dalam kunjungan di Masjid An-Nuur Desa Lobu, Kecamatan Lobu, Selasa (28/3/2023) malam.

Bertambahnya orang miskin baru kata Bupati, dapat disebabkan oleh kondisi pencari nafkah atau tulang punggung keluarga tidak lagi produktif akibat mengalami musibah saat bekerja. “Saya berharap jaminan yang diberikan pemerintah melalui dapat mencegah terjadinya kemiskinan baru di Kabupaten Banggai,” ujarnya.

Ketika terjadi sesuatu pada pencari nafkah sambungnya, maka tidak akan terjadi kemiskinan baru karena ada BPJS Ketenagakerjaan yang bisa membiayai ibu dan anak-anak sampai masa sekolah.  “Saya memastikan, selama bulan puasa hingga nanti, Pemkab Banggai akan terus memantau perkembangan perekonomian terutama terkait ketersediaan bahan pokok guna memberi kenyamanan dalam beribadah dan situasi keamanan juga terus dipantau,” terangnya.

Bupati juga mengimbau, para jemaah kembali bersatu dan melupakan konflik yang timbul semasa pilkades. “Kalau masih ada dendam sewaktu pilkades kemarin, mudah-mudahan di bulan ini semuanya sudah bisa berdamai,” harap Bupati. */MAN