RAYA – Sebagai upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat menyambut bulan suci dan Idul Fitri 1444 H, Bank Indonesia () bekerja sama dengan perbankan menyediakan layanan penukaran uang di 60 titik layanan penukaran di bank yang tersebar di seluruh wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulawesi Tengah, mulai tanggal 27 Maret 2023 – 20 April 2023.

“Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Bank Indonesia menyiapkan uang tunai sebesar Rp1,72 triliun, naik 40 persen dari realisasi tahun 2022 yang tercatat sebesar Rp1,23 triliun dengan 60 titik layanan penukaran uang, bertambah 10 titik dari tahun sebelumnya,” ungkap Kepala Perwakilan , Dwiyanto C Sumirat pada acara Kick Off SERAMBI 2023, Senin (27/3/2023)

Antisipasi kenaikan ini, mempertimbangkan pencabutan status Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kebutuhan selama bulan Ramadan, libur Idul fitri, pembayaran Gaji dan THR pegawai ASN/TNI//Swasta serta peningkatan mobilisasi masyarakat. BI juga mengajak masyarakat mengoptimalkan pembayaran non tunai guna mendukung dan keuangan .

Sementara itu, di luar 60 titik layanan penukaran di perbankan, dalam periode jelang momentum Hari Raya Idul Fitri, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui kas keliling di pusat-pusat keramaian.
Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id). Penukaran melalui mobil layanan kas keliling dibatasi dengan mempertimbangkan aspek pemerataan dan perluasan. Setiap penukar hanya diperkenankan menukarkan uang dengan batas maksimal sebesar Rp3.800.000.
“Selama periode Ramadan/Idul Fitri 1444 H/2023, layanan penukaran uang rusak tetap dibuka di loket Bank Indonesia dengan jadwal setiap hari Kamis Pukul 08.30 s.d 11.30 Wita. Pendaftaran uang rusak menggunakan web PINTAR,” kata Dwiyanto.

Semua program tersebut, terpadu dalam kegiatan SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri) 2023 yang telah diluncurkan oleh Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman, di Bank Indonesia pada tanggal 20 Maret 2023.

SERAMBI merupakan rangkaian kegiatan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas pada kepada masyarakat periode Ramadan dan Idul Fitri 2023. Dalam kesempatan tersebut, Deputi Gubernur Aida, menyampaikan tiga framework BI dalam melakukan pengelolaan uang rupiah yang dioptimalkan menjelang hari raya, pertama ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya, kedua sistem distribusi uang yang efisien dengan layanan kas prima dan ketiga adalah infrastruktur. Lanjutnya, ia mengajak masyarakat untuk “Cinta, Bangga, Paham Rupiah”. Implementasi cinta dengan merawat Uang Rupiah, bangga menggunakan Uang Rupiah, dan Paham, yaitu dengan menggunakannya secara bijak.

BI juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai di antaranya , memperluas kepersertaan BI-FAST termasuk kanal layanan dan akseptasi masyarakat, serta mendorong Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) untuk mempersiapkan infrastruktur guna menghadapi peningkatan transaksi di bulan Ramadan dan Idul Fitri 1444 H.

Kegiatan Kick off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri dilaksanakan di ruang serba Guna BI sulteng (Kasiromu), Senin (27/3/2023). Kegiatan ini dihadiri Kepala BI Sulteng, Dwiyanto C Sumirat, Deputi Kepala BI Sulteng, Gusri Wantoro serta Pimpinan Perbankan se Kota . *WAN