RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banggai, Ir. Abdullah membuka Seminar Awal dan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Dokumen Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup (D3TLH) Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH), di ruang rapat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai, Jumat (10/3/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Asisten II Setda Banggai, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai, para pimpinan OPD, para narasumber dan para pejabat di lingkup DLH serta para peserta FGD.

Dalam sambutanya Sekda Banggai mengatakan, dalam rangka penyelanggaraan pemerintah, tentunya Pemerintah Daerah berkewajiban mewujudkan pengelolaan lingkungan hidup yang mampu mengarahkan pembangunan agar fungsi lingkungan hidup tetap terjaga dalam hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009.

“Untuk menyusun RPPLH harus berdasar hasil inventarisasi lingkungan hidup yang dilaksanakan untuk memperoleh data dan mengenai sumber daya alam serta menetapkan wilayah ecoregion yang mempertimbangkan keragaman dan karakteristik wilayah,” terangnya.

Olehnya itu tambah Sekda, dalam seminar ini dibutuhkan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, sehingga pembangunan di daerah ini semakin meningkat. */MAN