RAYA – Kementerian Agama () RI melaksanakan rekrutmen tahap kedua Petugas Penyelenggara Ibadah (PPIH) Kloter dan Arab Saudi serentak di seluruh Indonesia, Selasa (31/1/2023).

Hasil akhir rekrutmen akan diumumkan serentak di seluruh Indonesia pada hari ini, Rabu (1/2/2023).

Khusus di Sulawesi Tengah, pelaksanaan rekrutmen tahap kedua dilaksanakan Gedung Namira, Asrama Transit Haji .

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sulteng, Ulyas Taha, mengingatkan calom PPIH agar selalu menanamkan niat sejak awal untuk menjalankan tugas utama sebagai petugas penyelenggara ibadah haji dalam melayani jemaah.

“Ketika di sana (Tanah Suci, red)sudah melaksanakan tugas dengan baik kemudian ternyata juga bisa ikut melaksanakan ibadah haji, maka hal tersebut merupakan anugerah dan karunia dari Allah SWT,” pesan Kakanwil Ulyas saat memantau pelaksanaan rekrutmen PPIH tingkat Sulteng didampingi Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulteng, Muchlis. 

Ia mengatakan, teradapat dua hal menjadi penilaian penting dalam rekrutmen, yakni kompetensi dan integritas.

“Ada dua hal yang dititikberatkan dalam pelaksanaan rekrutmen ini, yaitu kompetensi dan integritas. Kami berharap orang yang nantinya bertugas adalah orang yang bukan hanya mampu dalam melaksanakan tugas pelayanan ibadah haji, namun juga memiliki kejujuran, kerajinan dan kedisiplinan,” tegasnya.

Berdasarkan catatan Kanwil Kemenag Sulteng, terdapat 77 peserta yang mengikuti seleksi tapah dua di Sulteng.

“Rekrutmen tahap kedua ini diikuti oleh 77 peserta yang sebelumnya telah lolos seleksi Computer Assisted Test (CAT) tahap pertama. Kali ini para peserta akan kembali mengikuti seleksi CAT ditambah dengan seleksi wawancara yang akan menentukan 16 peserta terpilih sebagai PPIH sesuai dengan alokasi PPIH Sulteng tahun 2023,” katanya.

Sebagai tambahan, PPIH memiliki tugas penting dalam pelaksanaan ibadah haji bagi jemaah haji Indonesia.
Meski begitu, terdapat tiga tugas pokok wajib dilakukan para PPIH, yakni memberikan pembinaan, pelayanan dan juga perlindungan bagi jemaah haji Indonesia.HGA