RAYA – Kelompok Program Kreativitas (PKM) Universitas Widya Nusantara (UWN) Kelurahan Talise, menggelar Sosialisasi dan Pembuatan Kursi Bean Bag Berbahan Sampah Plastik, kepada PKK dan Kelompok Peduli Lingkungan Talise, Selasa (5/9/2023).

Wakil Rektor (Warek) III UWN dan selaku dosen pendamping Tim PKM Kelurahan Talise, Ahmil, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajarkan ibu-ibu PKK dan lainnya tentang bagaimana cara mengolah sampah organik, dalam hal ini adalah sampah plastik bekas kemasan menjadi bahan utama pembuatan bean bag yang bernilai ekonomi.

Bukan hanya itu saja, ia menjelaskan bahwa pihaknya juga sangat mendukung hadirnya kegiatan-kegiatan seperti itu yang pada dasarnya bertujuan untuk peningkatan kapasitas mahasiswa UWN.

“Kegiatan seperti ini, tentunya pasti akan selalu kami dukung untuk peningkatan kapasitas mahasiswa, apalagi hal ini sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian,” kata Ahmil.

Senada, Ketua Tim PKM, Nurul, juga mengatakan bahwa dengan adanya pelatihan yang dilaksanakan, kiranya dapat menjawab permasalahan terkait sampah organik di Kelurahan Talise.

“Harapan kami, pelatihan ini dapat menjadi jawaban permasalahan sampah organik di Kelurahan Talise, agar sampah tidak hanya dibakar saja namun dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kursi unik bean bag yang bernilai jual,” jelasnya.

Sebagai tambahan, kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan alat pencacah sampah dan mesin jahit pembuatan bean bag oleh Tim PKM kepada Ibu PKK dan Kelompok Ibu-Ibu Peduli Lingkungan Kelurahan Talise.ULU