RAYA  – Bandung siap menjadi tuan rumah dari Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 2023. Kongres lima tahunan ini akan diselenggarakan 25-26 September di EL Hotel, diikuti ratusan peserta dari 38 PWI Provinsi dan cabang khusus Solo, di luar peninjau, dan para penggembira.

Ketua Umum PWI Pusat yang sekaligus Penanggung Jawab Kongres Atal S. Depari mengharapkan Kongres XXV 2023 berjalan baik dan sukses.

“Melihat semangat panitia serta kesiapan PWI Pusat dan PWI Jawa Barat sebagai tuan rumah, saya optimistis Kongres ini bisa berjalan dengan baik dan sukses,” kata Atal S. Depari di Sekretariat PWI Pusat di lantai 4 Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih Jakarta Pusat pada Selasa (25/7/2023).

Atal S Depari yang didampingi Sekjen PWI Pusat/Wakil Penanggung Jawab Mirza Zulhadi dan Ketua Panpel Marthen Selamet Susanto pada kesempatan ini mengurai harapannya jika Kongres XXV PWI Tahun 2023 ini akan dibuka resmi oleh Presiden Joko Widodo ().

“Kami akan segera berkirim surat kepada Presiden, meminta waktu untuk audiensi juga,” ujar Atal.

Ketika Kongres XXIV di Solo, Jokowi berkenan membuka resmi kongres di The Sunan Hotel, Solo, saat itu Atal terpilih memimpin kepengurusan PWI Pusat periode 2018-2023.

Ketua Panitia Kongres XXV PWI, Marthen Selamet Susanto menjelaskan tema dari Kongres XXV PWI Tahun 2023 yakni “Menuju PWI yang Mampu Menjawab Tantangan Zaman.”

“Kami akan segera mengirimkan surat pemberitahuan pelaksanaan kongres serta penjelasan terkait proses pendaftaran peserta hingga teknis acara yang akan di laksanakan pada sejumlah venue serta rangkaian acara kongres,” ujar Marthen Selamet.

“Persiapan sudah dimulai dengan melakukan rapat koordinasi gabungan panitia pusat dan lokal. Panitia segera akan memberitahukan lewat surat ke 39 cabang daerah PWI Peserta Kongres,” kata Marthen menambahkan.

Adapun awal untuk syarat peserta dan peninjau pada Kongres XXV PWI diantaranya Peserta Kongres dari 34 Provinsi dan Cabang Khusus Solo terdiri dari 3 (tiga) orang yakni Ketua, Sekretaris, dan Ketua Dewan Kehormatan Provinsi. Untuk 4 Provinsi baru di Papua, hanya Pelaksana Tugas (Plt) ketua yang menjadi peserta. Peninjau resmi dari masing-masing provinsi berjumlah 5 orang.

“Kami mengharapkan PWI Provinsi menginformasikan nama-nama peserta dan peninjau kongres dengan mengisi formulir dan fotocopy kartu anggota PWI paling lambat 15 September 2023,” ujar Marthen Selamet Susanto.*WAN