RAYA – Bupati Banggai,H. Amirudin Tamoreka menjadi inspektur upacara (irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Koperasi tahun 2023, di halaman kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Banggai, Kamis (13/7/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Banggai membacakan amanat Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia mengatakan, Pemerintah RI saat ini fokus pada pengembangan koperasi sektor riil, guna membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas.

“Dari sisi peluang, koperasi sektor riil ini juga memiliki banyak potensi mulai dari , peternakan, perikanan, perdagangan, jasa, pariwisata dan banyak macam usaha lainnya,” kata Bupati.

Setiap wilayah kota/kabupaten di Indonesia kata Bupati, pasti memiliki potensi unggulan komoditas, kerajinan, destinasi wisata atau lainnya. Koperasi riil, harus menjadi pemain utama dalam potensi unggulan tersebut. “Tujuannya agar manfaat dan tambah yang dihasilkan dapat sebesar-besarnya terdistribusi kembali ke anggota dan masyarakat di wilayah tersebut,” ujarnya.

Di wilayah kita lanjutnya, masih banyak masyarakat yang belum pandai berkoperasi. Dari pengalaman lama menjadi pengurus koperasi, banyak koperasi yang cukup maju, namun ternyata ada juga orang-orang yang punya kepentingan tertentu kepada koperasi. “Saya mengingatkan kepada para pengurus koperasi harus kuat, karena tantangan-tantangan dari orang yang punya kepentingan tersebut cukup banyak. Apalagi saat ini kelembagaan koperasi cukup besar diberikan kesempatan untuk mengembangkan usahanya,” terang Bupati.

Saat mengikuti kegiatan SKK Migas bersama di Kalimantan Timur sambungnya, cukup banyak koperasi yang turut serta dalam kegiatan tersebut. “Olehnya itu, saya berharap kepada Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Banggai, untuk terus melakukan pembinaan terhadap koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Banggai ini. Sehingga mereka tidak terpaku dengan usaha yang ada, tetapi ada usaha-usaha bisnis yang punya peluang yang sama antara koperasi dengan pengusaha. Karena koperasi itu cukup kuat kelembagaannya, jadi jangan terfokus bahwa KUD itu hanya memiliki satu sektor riil saja yang dilakukan,” jelas Bupati mengakhiri amanat Menteri Koporasi dan Usaha Kecil Menengah RI.

Selanjutnya, Bupati Banggai menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis dan juga memberikan sertifikat hasil penilaian kesehatan koperasi simpan pinjam/unit usaha simpan pinjam kepada Koperasi Simpan Pinjam Arya Sejahtera Desa Kamiwangi Kecamatan Toili Barat dan Koperasi Serba Usaha Mawar Saron Desa Kamumu Kecamatan Luwuk Utara serta Koperasi Wanita (Kopwan) Promadona Desa Poh Kecamatan Pagimana.

Selain itu, Bupati juga memberikan doorprize dari para sponsor kepada pada peserta yang mengikuti upacara tersebut. Secara pribadi Bupati Amirudin juga memberikan hadiah hiburan kepada 10 orang lainnya yang beruntung. Diakhir kegiatan tersebut, dilakukan pemotongan tumpeng. Potongan pertama tumpeng tersebut diberikan Bupati Banggai kepada Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Banggai. */MAN