SULTENG RAYA – Sebanyak 83 siswa Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I tahun anggaran 2023 resmi dilantik menjadi anggota Polri di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Sulteng di Labuan, Kabupaten , Sulawesi Tengah, Kamis (6/7/2023).

Wakapolda Sulteng, Brigjen Pol. Hery Santoso memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah Bintara Polda Sulteng dengan disaksikan oleh Unsur forkopimda, pejabat utama Polda Sulteng, pejabat Utama SPN Polda Sulteng dan orang tua atau wali anggota Polri yang dilantik.

Dalam amanat tertulis Kepala Lembaga Pendidikan dan (Kalemdiklat) Polri, Komjen Pol. Drs. Purwadi Arianto yang dibacakan oleh Wakapolda Sulteng mengatakan, melalui penambahan jumlah personel ini, diharapkan penyebaran pelayanan publik semakin meningkat dan kehadiran polisi di tengah lingkungan sosial akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Brigjen Pol. Hery Santoso juga mengatakan, pada diri saudara-saudara sekalian telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai bhayangkara negara yang dituntut untuk senantiasa harus mampu diaktualisasikan dalam setiap sikap, tutur kata dan perilaku hidup, baik dalam kedinasan maupun di luar kedinasan, sehingga mampu menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat.

“Amanah ini harus saudara selalu ingat, junjung tinggi dan laksanakan dengan sepenuh hati, penuh kebanggaan, kehormatan dan niatkan untuk selalu berbuat yang ,” tegas Hery Santoso.

Menurutnya, apa yang telah saudara-saudara capai pada hari ini bukanlah akhir dari perjuangan saudara-saudara sekalian, melainkan awal pengabdian nyata sebagai insan Bhayangkara. Oleh karena itu, bulatkan tekad, terus belajar dan berlatih serta semangat dalam memotivasi diri tanpa henti untuk senantiasa memberikan dharma bakti terbaik.

“Saudara merupakan garda terdepan pelaksanaan tugas Polri di lapangan yang akan berinteraksi dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kehadiran saudara akan menjadi cerminan layanan  Polri  secara  keseluruhan,” kata Wakapolda Sulteng.

Ia juga berharap, para Bintara Polri ini nantinya mampu memenuhi harapan masyarakat, dengan berorientasi tugas kepada kepentingan masyarakat, berbasis pada hukum yang berkeadilan, menghormati serta mengawal proses demokrasi.

Sementara di tempat yang sama, Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol. Djoko Wienartono mengatakan, setelah mengikuti pendidikan selama 5 bulan di SPN Polda Sulteng, 83 siswa Pendidikan Bintara Polri resmi dilantik menjadi anggota Polri. “Pelantikan dan pengambilan sumpah Bintara Polri menandai berakhirnya Pendidikan pembentukan Bintara Polri yang berlangsung selama 5 bulan di SPN Polda Sulteng,” ujarnya.

Untuk diketahui kata Djoko Wienartono, dari 83 Bintara Polri yang baru dilantik, Mohamad Zikri D.S merupakan anak seorang petani dari Kabupaten Poso meraih predikat siwa terbaik dan predikat siswa tertabah, Predikat siswa Cendekia diraih Syawal Aidil Akbar dari Kabupaten Tolitoli dan Predikat siswa Trengginas diraih Abil pengiriman dari Kabupaten Tolitoli.

“Atas nama Pimpinan Polda Sulteng, saya mengucapkan Selamat kepada 83 Bintara Polri yang baru dilantik dan selamat bergabung sebagai bagian Insan Bhayangkara. Semoga dapat mengemban amanah untuk menjadi Polri yang Presisi,” harap Kombes Pol. Djoko Wienartono. */YAT