RAYA – Wali , , mengikuti langsung pemaparan para calon pejabat eselon II untuk jabatan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota di ruang pertemuan Kantor Wali Kota Palu, Rabu (5/7/2023).

Wali Kota Hadianto secara khusus meminta lima calon Kadispar Kota Palu untuk memberikan presentasi terkait dengan konsep yang ditawarkan dan akan dikerjakan untuk pengembangan pariwisata di Kota Palu.

Menurutnya, Dispar menjadi salah satu dinas sangat strategis membawa dan membangun konsep baik untuk Kota Palu.

Ia tidak menginginkan, ada calon kepala dinas ikut seleksi hanya untuk mengisi kekosongan di Dispar Kota Palu.

“Tetapi bapak ibu harus meyakini, bahwa bapak ibu memiliki passion dan konsep yang jelas terkait pariwisata,” tekan wali kota.

Ia mengatakan, hal tersebut dilakukan agar Kepala OPD yang dilantik mendatang, sesuai dan benar-benar tepat.

“Tidak ada lagi dengan masalah kedekatan, suka atau tidak suka. Karena kalau rugi, kita akan rugi semua. Termasuk masyarakat Kota Palu,” ungkap Wali Kota Hadianto.

Oleh karena itu, sekali lagi wali kota meminta para calon kepala dinas menunjukkan pada pemaparan kali ini konsep yang ditawarkan dan akan dikerjakan.

Sesuai dengan situasi dan kondisi yang dibutuhkan oleh pariwisata Kota Palu.

Turut hadir mendampingi Wali Kota Hadianto, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palu, Mohammad Rizal, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kota Palu, Imran dan para panitia seleksi lainnya.

Sebagai tambahan, berdasarkan berita acara rapat penetapan hasil Seleksi Kompetensi Manajerial dan Kultural Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II.b di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Palu Tahun 2023 Nomor: 16/PANSEL-JPTP.KP/2023 tertanggal 23 Juni 2023, terdapat sembilan calon yang lolos seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural untuk mengisi jabatan Kadispar Kota Palu dan Kadisdamkarmat Kota Palu, yakni Rahmad Mustafa, Alimuddin, Suriana, Mohammad Ali Djihad, Ridwan Mustapa, Hasan, Yohan Wahyudi, Husn dan Layla Husin.

DIBUKA SEJAK MEI

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu membuka seleksi jabatan dua kepala organisasi perangkat daerah (OPD), yakni Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Palu dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Kadisdamkarmat) Kota Palu.

Pengumuman seleksi tersebut berdasarkan Surat Pengumunan Nomor: 03/PANSEL-JPTP.KP/2023 tentang Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Palu tahun 2023 tertanggal 22 Mei 2023.

Dalam surat pengumuman yang ditandatangani Ketua Panitia Seleksi Terbuka JPTP Kota Palu, Irmayanti Pettalolo yang juga Sekkretaris Kota (Sekkot) Palu tersebut, menyebutkan, seleksi jabatan tersebut dilakukan untuk mengisi mengisi kekosongan dua pimpinan OPD tersebut.

Kadisdamkarmat Kota Palu sebelumnya dijabat Sudaryano R Lamangkona, kini menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (DKIPS) Sulawesi Tengah, sedangkan Kadispar Kota Palu sebelumnya dijabat Farid R Yotolembah, kini menjabat sebagai Staf Ahli Gubernur Sulteng Bidang dan Pembangunan. Keduanya dilantik bersama 12 pejabat tinggi pratama lainnya oleh Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura pada awal Maret 2023 lalu.

Dalam surat pengumuman itu, pengisian JPTP di lingkungan tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Dengan ini kami mengundang Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri mengikuti Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II.b di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Palu, masingmasing untuk jabatan Kepala Dinas Pariwisata Kota Palu dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu,” dikutip dari surat pengumuman yang ditandatangani Sekkot Palu, Irmayanti. HGA