RAYA – Dalam rangka pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Banggai, Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka menghadiri undangan rapat tatap muka bersama Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar, di Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Jumat (23/6/2023).
Pada agenda rapat tersebut, membahas 2 topik penting yaitu pembahasan Banggai Youth Creative Hub dan perkenalan sebuah aplikasi manajemen talenta bernama Mantap.

Pada kegiatan itu, Bupati Banggai berbincang langsung dengan Dr. CAND Billy Mambrasar ST,Bsc, MSc,MBA,EdM dan staf khusus Presiden RI Bidang Inovasi, Pendidikan dan Daerah Terluar.
Saat itu, Staf Khusus Presiden RI Bidang Inovasi, Pendidikan dan Daerah Terluar, Dr. (CAND) Billy Mambrasar menyampaikan langsung bahwa ia menerima aspirasi dari Bupati Banggai dalam hal itu, sebagai daerah produsen gas. “Saya punya visi yang sangat besar untuk menyeimbangkan atau menyetarakan pembangunan kesejahteraan seluruhnya melalui program jaringan gas,” kata Billy.

Aspirasi kata Staf Khusus Presiden RI, Dr. (CAND) Billy Mambrasar akan ditindaklanjuti dan akan menghubungkan Bupati Banggai dengan beberapa pemangku kepentingan nasional baik legislatif maupun eksekutif dan juga beberapa dewan nasional lainnya, sehingga kerjasama ini akan terus berlanjut sampai visi misi ini terwujud. “Karena Bupati Banggai mendukung program pusat inovasi dan kewirausahaan masyarakat, dimana kita akan melatih ribuan pemuda-pemudi di Banggai untuk bisa menjadi penggerak sektor dan juga pembangunan desa,” kata Staf Khusus Presiden RI,Dr. (CAND) Billy Mambrasar.

Pada kesempatan itu, Bupati Banggai menjelaskan, seperti yang diketahui Kabupaten Banggai penghasil gas terbesar di Sulawesi, diharapkan bahwa gas ini dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat melalui jaringan gas rumah tangga. “Sehingga kita mengurangi impor LPG yang ada, agar kiranya masyarakat betul-betul bisa menikmati hasil gas yang diproduksi di Kabupaten Banggai,” kata Bupati.

Bupati Banggai menyampaikan, hasil hari ini bahwa bagaimana kita bisa memfollow up kegiatan kemasyarakatan dan kepemudaan yang ada di Kabupaten Banggai. “Insya Allah dalam waktu dekat segera kita mulai, muda-mudahan ini berdampak positif bagi masyarakat khususnya yang ada Kabupaten Banggai,” ujar Bupati Amirudin.

Pada rapat tersebut, Bupati Banggai menyampaikan aspirasi penting kepada Presiden yaitu pembangunan pabrik produksi pupuk, karena harapannya di Banggai bisa dapat memproduksi pupuk dan tentunya hal ini didukung oleh Presiden adanya hilirisasi menyeluruh. */MAN