RAYA – Bupati Banggai, H.Amirudin Tamoreka diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Banggai, Drs. H. Moh. Kamil, membuka Sosialisasi Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) serta peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2023, di salah satu hotel di Kota Luwuk, Kamis (22/6/2023).

Dalam sambutannya, Asisten III Drs. H. Moh. Kamil menyampaikan, apresiasi yang tinggi kepada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Banggai yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dalam rangka penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Banggai.

“Sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden RI Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, akuntabel dan berkualitas diperlukan pemerintahan berbasis elektronik yang mengharuskan adanya keterpaduan antara pemerintah pusat dan daerah,” kata Kamil.

Penerapan SPBE lanjutnya, akan mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang terbuka, partisipatif, inovatif dan akuntabel serta meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan pemerintah.

“Melalui penerapan SPBE ini, tujuannya untuk mendukung terwujudnya Pemerintahan Cerdas (Smart Governance),” terang Kamil.

Smart Governance ini sambungnya, merupakan salah satu dimensi dalam penerapan konsep Smart City dalam rangka melakukan upaya-upaya inovatif dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup manusia dan komunitas setempat, dengan kata lain, SPBE merupakan katalis bagi terwujudnya kota cerdas.

“Olehnya itu, saya mengajak kepada kita semua untuk bersama-sama terus berupaya untuk mempercepat tercapainya tata kelola pemerintahan yang lebih adaptif sesuai dinamika perubahan zaman yang kini mengarah pada era ,” ujarnya.

Arsitektur dan Peta Rencana SPBE kata Kamil, merupakan kerangka dasar yang mendeskripsikan integrasi proses bisnis, data dan , infrastruktur, aplikasi dan keamanan SPBE untuk menghasilkan layanan pemerintahan terintegrasi dan terpadu secara nasional.

Sementara, Kepala Bidang Layanan E-Goverment DKISP Banggai, Fachri Rukly menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan sehari penuh ini menghadirkan tim narasumber dari Institut Sepuluh November Surabaya yang juga bekerjasama dan merupakan Tim Penyusun Dokumen Arsitektur dan Peta Rencana SPBE Kabupaten Banggai.

Selanjutnya, tim Penyusun menyerahkan Dokumen Arsitektur dan Peta Rencana SPBE Kabupaten Banggai menyerahkan kepada Pemerintah Kabupaten Banggai yang diterima langsung oleh Asisten Administrasi Umum Setda Banggai Drs. H. Moh. Kamil. */MAN