SULTENG RAYA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau meraih penghargaan sebagai Lembaga Humas Pemerintah Terbaik, Sub-Kategori dalam ajang The 1st Indonesia GPR Awards (IGA) 2023 yang digelar di Makassar, 16 Juni lalu. Penghargaan itu diberikan atas keberhasilan BRI dalam mengomunikasikan isu kepada publik.

Pada ajang ini, Direktur Utama BRI Sunarso juga dinobatkan sebagai Pemimpin Terpopuler di Media Pemberitaan Online tahun 2023. Kategori terpopuler tersebut ditentukan melalui proses media monitoring secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggandeng perusahaan media monitoring NoLimit.

Kata Sunarso, penghargaan itu didedikasikan untuk insan dan nasabah BRI. Ia menyebut hal ini akan menjadi pemicu semangat perseroan dalam mendukung keterbukaan dalam komunikasi publik.

“Ke depan, BRI akan terus mengedepankan transparansi dalam berkomunikasi demi meningkatkan reputasi dan mengomunikasikan kinerja perseroan. Sunarso melanjutkan, membangun komunikasi yang berani dan terukur adalah poin penting yang selama ini dijaga. Terlebih di era , tak dapat dimungkiri memunculkan tantangan dan nilai-nilai baru dalam setiap aspek, termasuk di bidang kehumasan,” ujar Sunarso dalam keterangan tertulis, Selasa (20/6/2023).

Sunarso mengungkapkan BRI aktif mengampanyekan informasi publik kepada masyarakat luas melalui berbagai kanal media. Hal ini diimbangi dengan mengedepankan transparansi, akuntabilitas, serta dengan tetap mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik.

Sebagai informasi, IGA 2023 merupakan ajang kompetisi sekaligus apresiasi bagi praktisi kehumasan (government public relations) pemerintah di lingkungan Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi Negeri, BUMN, Anak Usaha BUMN, dan BUMD se-Indonesia.

Mengusung tema ‘Komunikasi Publik untuk Peradaban Bangsa', proses penjurian IGA 2023 dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari lima orang pakar. Mereka adalah Asmono Wikan (Founder dan CEO PR INDONESIA Group), Emilia Bassar (CEO Center for Public Relations, Outreach and Communication), Jojo Suharjo Nugroho (Ketua umum Asosiasi Perusahaan Public Relations (APPRI)), Maria Wongsonagoro (PR Consultant), dan Janette Maria Pinariya (Wakil Rektor 1 LSPR). RHT/DTC