RAYA – Sambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Bhayangkara, Kapolres Tojo Una-Una (Touna) bersama jajarannya melaksanakan Jumat curhat dan bersilaturahmi dengan berbagai elemen masyarakat di Kelurahan Bonerato, Kecamatan Ratolindo, Jumat (16/6/2023).
Dalam kegiatan itu, Kapolres Touna AKBP S. Sophian didampingi Kapolsek Ampana Kota AKP Jimyarto Anasim, Kasat Reskrim Iptu Ridwan Umar, Kasat Binmas AKP Ngatimin, Kasat Lantas Iptu Adriansyah Arthadana dan KBO Intelkam Touna Iptu Imran Paloa, dengan dihadiri Lurah Bonerato Mashuri Toripalu, Ketua RW/RT dan sejumlah tokoh masyarakat Kelurahan Bonerato.
Kapolres Touna, AKBP S. Sophian mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Bonerato dan tokoh masyarakat yang hadir secara bersama-sama dalam kegiatan tersebut. “Kehadiran kami, untuk mendekatkan diri dan bersilaturahmi dengan berbagai elemen masyarakat yang ada di wilayah hukum polres setempat,” ucap AKBP S.Sophian.
Dikatakannya, pemerintah dan masyarakat juga merupakan bagian dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayahnya. “Salah satu tugas pokok Kepolisian adalah Harkamtibmas, melalui kegiatan-kegiatan preemtif dan preventif,” ujar AKBP S. Sophian.
Menurut Kapolres, Kabarharkam telah meresmikan Polisi RW dalam membantu Bhabinkamtibmas, namun untuk personel polres cukup mobile saja. Hal ini disebabkan adanya keterbatasan personel, sehingga kami berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat di wilayahnya masing-masing.
Kapolres juga menuturkan, kedepan kita diperhadapkan dengan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Kepala Daerah serta Pemilihan Presiden 2024. “Jangan dengan pesta demokrasi kita akan terpecah belah. Jangan mudah terpancing dengan isu-isu yang belum jelas kebenarannya (hoax) yang dapat memicu kegaduhan ditengah masyarakat,” jelasnya.
Pada kesempatan itu, Kapolres juga menanggapi masukan dan keluhan dari berbagai tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, para imam dan Karang Taruna terkait minuman keras (miras) dan penggunaan knalpot bogar didaerah ini.
Ia mengajak, kepada seluruh stakeholder dan lapisan masyarakat untuk dapat bersinergi melawan peredaran miras di Kabupaten Touna, mengingat gangguan kamtibmas sendiri salah satunnya berwal dari adanya penyalahgunaan miras di lingkungan masyarakat. “Peredaran miras pun sebetulnya bukan hanya tugas dari kepolisian saja, akan tetapi dimulai dari masyarakat itu sendiri untuk melakukan pengawasan terhadap anak ataupun orang yang dituakan dalam melakukan upaya pencegahan,” katanya.
Kapolres juga mengajak, kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya generasi muda untuk sama-sama memerangi peredaran narkoba baik dari pengguna hingga pengedar, sebab dampak yang ditimbulkan sangat berbahaya untuk merusak masa depan para generasi muda kita yang merupakan penerus bangsa.
“Saya juga mengucapkan terima kasih dengan adanya Karang Taruna di wilayah Kelurahan Bonerato, karena dengan adanya organisasi ini bisa tersalurkan kegiatan-kegiatan positif,” ujarnya.
Sambung Kapolres menuturkan, bukan hanya knalpot bogar saja, terlihat masih banyak warga yang mengendarai kenderaan roda dua tidak menggunakan helm. Oleh sebab itu, kami telah melakukan imbauan dan akan melakukan penindakan bagi para pengendara yang melanggar ketentuan berlalulintas. “Maka dari itu kami berharap, support masyarakat terhadap kami dengan tidak membenarkan pelanggaran lalulintas yang akan dilakukan oleh masyarakat itu sendiri,” harapnya.
Sementara, Lurah Bonerato Mashuri Toripalu dalam kesempatan itu, menyampaikan ucapan terima kasih kepada kapolres dan jajarannya yang telah bersilaturahmi, sekaligus mendengarkan curhatan masyarakat Kelurahan Bonerato.
Menurut Mashuri, kegiatan Jumat curhat dan silaturahmi di Kelurahan Bonerato kali ini sangat bermanfaat untuk keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayahnya. “Karena itu, saya atas nama pemerintah dan masyarakat Bonerato berharap, kamtibmas di wilayah ini tetap aman dan kondusif selamanya,” harapnya. BD