RAYA – Komisi Pemilihan Umum () Kota akan menerima bendera Kirab yang akan diserahkan oleh KPU Kabupaten Tolitoli, Jum'at (26/5/2023) besok. Kirab Pemilu ini merupakan seremonial yang dilakukan dalam rangka memperingati 1 tahun menuju Pemilu yakni tanggal 14 Februari 2024.
Ketua , Agussalim Wahid mengatakan, Kirab Pemilu sebagai sarana memberikan sosialisasi dan pendidikan kepada pemilih yang tujuannya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.
“KPU perlu mensosialisasikan penyelenggaraan Pemilu karena berkaitan dengan tugas, wewenang dan kewajiban KPU kepada masyarakat,”kata Agussalim kepada sejumlah wartawan, Rabu (24/5/2023).
Agussalim mengatakan Kirab Pemilu di Sulawesi Tengah ini dilangsungkan secara estafet mulai dari Kabupaten Buol, Tolitoli, Kota Palu, dan Kabupaten .
Kirab Pemilu di Kota Palu akan dilaksanakan mulai 26 Mei 2023 hingga 2 Juni 2023 di seluruh kecamatan di Kota Palu dengan memberikan sosialisasi dan tentang Pemilu kepada masyarakat serta mengenalkan partai dan nomor urut peserta Pemilu 2024.
Sementara itu, Sekretaris KPU Kota Palu, Aslam Adigama menjelaskan bahwa Bendera Kirab Pemilu akan dijemput di Kelurahan Pantoloan, Jumat (26/5/2023). Acara dilanjutkan dengan penerimaan bendera parpol peserta Pemilu 2024 dari Kabupaten Tolitoli serta pelepasan Kirab Pemilu oleh Wali Kota Palu.
Kemudian pada tanggal 27 Mei sampai dengan 1 Juni 2023 akan diisi dengan sosialisasi tahapan Pemilu di sejumlah titik strategis di Kota Palu diantaranya Pasar Inpres, Citra Land, Jalan Moh Yamin (car free day), Palu Grand Mall, Taman Gor dan Bundaran Taman Nasional.
Aslam Adigama menjelaskan, KPU Kota Palu menargetkan sosialisasi bisa menjangkau ribuan orang di Kota Palu dengan menyasar sejumlah kelompok masyarakat, pemilih pemula termasuk kelompok disabilitas.
“Kegiatan berakhir pada tanggal 2 Juni 2023 yang ditandai dengan serah terima kirab Pemilu 2024 kepada KPU Donggala,” jelas Aslam. WAN