RAYA – Di hari kedua pelaksanaan pameran dan pasar rakyat, beragam kerajinan dan makanan turut dipamerkan pada pasar rakyat dan pameran UMKM yang berlokasi di arena utama Jalan Merdeka Kota Bumi Mas Ampana, Kelurahan, Uemalingku Kompleks Kantor Bupati Tojo Una-Una, Rabu (10/5/2023).
Pameran UMKM dan pasar rakyat itu, diinisiasi oleh Dekranasda Provinsi Sulteng yang digelar dalam rangka memeriahkan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) XXVII Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).
Pameran UMKM dan pasar rakyat ini melibatkan para pelaku usaha UMKM dari 13 kabupaten dan Kota se-Sulawesi Tengah, dan satu mewakili Provinsi. Pameran UMKM dan pasar rakyat ini berlangsung mulai dari Senin, 8 Mei 2023 hingga Sabtu, 13 Mei 2023 di Kabupaten Touna.
Adapun peserta yang turut memeriahkan pameran ini diantaranya Dekranasda Kabupaten Parigi Moutong, Dekranasda Kabupaten Tojo Una-Una, Dekranasda Kabupaten Morowali, Dekranasda Kabupaten Banggai, Dekranasda Kabupaten Morowali Utara, Dekranasda Kabupaten Buol, Dekranasda Kabupaten Toli-Toli, Dekranasda , dan UMKM Lokal Touna. Kemudian, Pasar kuliner sebanyak 24 tenda terdiri 48 pedagang, dan pasar malam sebanyak 28 tenda.
Berbagai produk UMKM yang pamerkan yaitu Pakaian, , gelang, aksesoris, souvernir dan lain sebagainya. Kemudian, ada juga makanan dan minuman yaitu ; somay, bakso, es pop ice, es cendol dan lain sebagainya.
Diketahui, kegiatan itu diharapkan menjadi salah satu indikator meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pengembangan sektor UMKM yang relevan dengan pengalaman -nilai Qur'an, khususnya syariah, guna meningkatkan pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten Tojo Una-Una pada khususnya. */YAT