SULTENG RAYA – Perusahaan Umum (Perum) genap berusia 56 tahun pada Rabu, 10 Mei 2023. Seluruh kantor wilayah, termasuk di Sulteng melaksanakan upacara untuk merayakan HUT itu, termasuk di Kantor Wilayah (Kanwil) Sulawesi Tengah, di Jalan Mohammad Yamin, Kota .

Pemimpin Wilayah (Pimwil) Bulog Kanwil Sulteng, Heriswan memimpin langsung upacara di Sulteng dan membacakan amanat Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas itu.

Dirut Buwas dalam HUT yang mengangkat tema Sinergi Kuat, BULOG Hebat Menuju Kedaulatan Pangan itu berpesan kepada seluruh insan Bulog di Indonesia, termasuk di Sulteng harus mampu menunjukkan komitmen kuat untuk mencapai kinerja hebat dengan terus berinovasi, beradaptasi, dan bertransformasi sesuai perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat.

Komitmen tersebut, kata dia, perlu disinergikan dengan para pemangku kepentingan BULOG melalui penerapan nilai-nilai dari semangat kekeluargaan dan gotong royong, sehingga tercipta kerja sama yang solid dengan berbagai pihak (pemerintah, swasta, maupun masyarakat), dalam mewujudkan cita-cita kedaulatan pangan nasional.

Menurutnya, HUT Bulog merupakan momentum membangkitkan semangat baru dengan menelusuri kembali perjalanan Bulog secara utuh, mulai dari latar belakang dan tujuan pendiriannya, hingga capaian, tantangan, dan peluang yang dihadapi dalam mewujudkan visi yang dicita-citakan oleh para pendahulu, serta harapan rakyat, bangsa dan negara atas eksistensi berdirinya Bulog hingga saat ini.

“Guna mencapai tujuan tersebut, saya harapkan kepada seluruh karyawan Bulog untuk dapat bersatu dan bersinergi, sehingga dapat memahami arah perubahan, melakukan evaluasi terhadap kondisi dan hal-hal yang dilakukan saat ini, dan untuk melakukan perbaikan-perbaikan kedepannya,” kata Dirut.

Menurutnya, menghadapi tantangan di era komersial dan manufaktur, Bulog harus memperhatikan ekspektasi dan kebutuhan masyarakat sebagai sebuah peluang dan motivasi semangat untuk meningkatkan kinerja komersial, operasional, dan keuangan.

Bulog juga harus berkomitmen memenuhi kebutuhan produk pangan bagi konsumen dan masyarakat dengan mengedepankan pelayanan prima, inovasi dan pengembangan produk yang berkualitas.

“Saya mewakili jajaran Direksi, dengan penuh rasa syukur dan kebanggaan, mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-56 BULOG, bagi Insan BULOG yang ada di seluruh Indonesia. Kami mengapresiasi dedikasi dan pengabdian seluruh insan BULOG yang menjalankan tugas mulia untuk bangsa dan negara dalam mengawal pengamanan tiga pilar ketahanan pangan nasional, sehingga peran strategis BULOG dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Mari kita pertahankan capaian kinerja yang baik, dan terus laksanakan amanah ini dengan bekerja secara tuntas dan ikhlas demi kesejahteraan bangsa dan negara di bidang pangan,” katanya.

Untuk diketahui, Pemerintah telah membentuk Badan Pangan Nasional (Bapanas) sebagai lembaga pemerintah yang bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan kebijakan dan program pangan nasional. Dengan berdirinya Badan Pangan Nasional (Bapanas) tersebut dan terbitnya regulasi baru terkait penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP).

“Maka Bulog perlu segera menyesuaikan sistem rantai pasok dan operasional proses bisnis, transformasi struktur organisasi dan budaya, serta optimalisasi pendayagunaan aset untuk meningkatkan nilai tambah perusahaan,” ucapnya.

Ke depan, kata dia, nasib Bulog ditentukan dari usaha dan kerja keras sendiri. Oleh karena itu, lanjutnya Insan Bulog harus membangun jaringan dan menciptakan peluang pasar, guna mengoptimalkan pendapatan usaha dengan memperluas sinergi jaringan yang dimiliki.

“Saya berharap Bulog terus tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik, karena latar belakang pendirian Bulog sejak awal sudah baik,” kata Buwas.

“Saya dan jajaran Direksi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan seluruh keluarga besar Perum Bulog, khususnya kepada seluruh karyawan atas kerja keras dan dedikasinya dalam menjaga komitmen, semangat dan kerjasama saling bahu membahu, sehingga tantangan dan target yang diamanatkan kepada Bulog dapat dicapai sesuai harapan,” tutp Buwas. RHT