RAYA – Fasilitas baru kembali dimiliki oleh Satuan Brimob . Kapolda Sulteng, Irjen. Pol. Agus Nugroho meresmikan kolam renang Uve Sela di Mako Batalyon A Pelopor Biromaru, Rabu (10/5/2023).

Peresmian itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolda dengan disaksikan oleh PJU Polda Sulteng beserta para undangan lainnya. Uniknya, sebelum peresmian tersebut, Kapolda Sulteng mendapatkan kesempatan untuk menampilkan kemampuan, dan berhasil menembak sasaran dari tower Sniper dengan jarak tembak 1.000 meter.

Dalam sambutannya, Kapolda Sulteng mengucapkan apresiasi kepada Dansat Brimob dan jajarannya atas kemajuan fasilitas yang dibangun, terutama atas keberadaan kolam renang Uve Sela. Kapolda juga berharap, sesuai namanya Uve Sela atau air sejuk, kolam renang ini bisa bermakna kesejukan yang akan membawa kesejukan bagi masyarakat saat ini dan masa mendatang.

Kolam renang Uve Sela yang diresmikan tersebut, memakan waktu pembangunan enam bulan. Fasilitas itu dibangun sebagai sarana latihan yang meliputi latihan renang, selam dan latihan penyelamatan korban tenggelam hingga sebagai sarana rekreasi untuk personel dan keluarga di hari libur. Kolam renang Uve Sela terdiri dari 1 kolam renang utama seluas 22 x 50 M dengan kedalaman 2,5 meter dan dilengkapi 2 buah Kolam renang dangkal.

Selain itu, terdapat pula sebuah pendopo dan enam buah gazebo yang dikelilingi pepohonan ekaliptus lengkap dengan taman anggrek dan koleksi satwa yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang pertemuan maupun anev atau rapat terbuka.

Selain kolam renang, Dansatbrimob Polda Sulteng Kombes Pol Mokhamad Alfian Hidayat, dalam paparannya kepada Kapolda dan tamu undangan menyampaikan, proses pemanfaatan lahan seluas 36 hektar di Mako Batalyon A Pelopor yang kini telah terbangun fasilitas-fasilitas lain yaitu Taman Vega lara, , Aula Raga Satria, Fighting gym Tambesi, Penangkaran Rusa, Areal , Guest House Gandaria dan peningkatan fasilitas pada lapangan tembak Wira Pratama yang telah dilengkapi dengan 12 stage reaksi IPSC LEVEL 3 dan tower Sniper long range sejauh 1 Km.

“Harapan kami, Batalyon A Pelopor ini nantinya lengkap memiliki fasilitas dengan konsep pusat teknik dan taktis kepolisian serta agrowisata,” jelasnya.

Selain itu, Dansatbrimob juga menyampaikan, untuk mencapai tujuan tersebut, pembangunan beragam belum berakhir. Satuan Brimob Polda Sulteng masih dalam tahap membangun Jogging track, Disposal Area, Halang Rintang hingga Stadion Sepak Bola Gelora Atmaja. */YAT