RAYA – Momentum bulan penuh berkah 1444 H yang telah berlalu semakin istimewa bagi PT (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo dengan adanya program Light Up The Dream dalam mewujudkan mimpi masyarakat yang kurang mampu untuk menikmati listrik.

Adapun lokasi yang mendapatkan bantuan penyambungan listrik gratis melalui Light Up The Dream ini tersebar di beberapa unit pelaksana pelayanan pelanggan seperti UP3 Kotamobagu, UP3 Tahuna, UP3 Luwuk dan UP3 Tolitoli dengan total 88 Kepala Keluarga penerima bantuan.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Suluttenggo, J.A Ari Dartomo menerangkan, program Light Up The Dream ini dilakukan dengan pola yang terstruktur. Upaya yang dilakukan oleh insan PLN ini juga menurutnya adalah langkah nyata yang sangat baik.

“Light Up The Dream adalah program bantuan penyambungan listrik tanpa biaya hasil dari donasi yang dilakukan oleh pegawai PLN dengan tujuan untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu dalam mendapatkan listrik,” ujar Ari.

“Karena ini adalah kegiatan yang lahir dari niat baik insan PLN dalam mengaktualisasikan -nilai kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan, maka harus kita hargai dan apresiasi. Diharapkan dengan sikap dan tindakan nyata seperti ini akan terbentuk rasa empati dan kepedulian,” lanjut Ari.

Manajemen berserta pengurus UP3 Kotamobagu secara simbolis melakukan penyalaan di salah satu rumah warga yaitu Suparman Paputungan yang berlokasi di daerah Mongkonai Kota Kotamobagu. Kemudian dilanjutkan penyalaannya kepada 20 Kepala Keluarga penerima bantuan.

Selanjutnya, di UP3 Luwuk berhasil dinyalakan listrik 19 Kepala Keluarga yang berlokasi di Desa Dimpalon Kecamatan Kintom Kabupaten Banggai. Masih di Provinsi Sulawesi Tengah yaitu di Kabupaten Tolitoli, Program bantuan penyambungan listrik gratis ini dirasakan oleh 45 Kepala Keluarga tersebar di beberapa kecamatan.

Ditempat lainnya, yaitu di UP3 Tahuna dilakukan penyalaan listrik disalah satu rumah milik nelayan, Arif Limpong, warga Desa Dalinsaheng Kepulauan Biaro serta di rumah seorang , Jones Sasaleno warga Desa Dalum, Salibabu dan rumah Marta Mansamaeka warga Desa Bitunuris Selatan, Kepulauan Talaud. “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada PLN karena telah membantu dengan memberikan kami bantuan pemasangan listrik secara gratis,” kata Suparman Paputungan.

“Terima kasih banyak atas bantuan penyambungan listrik gratis yang diberikan, kami bersyukur listrik bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari,” ujar Kusno Laguno, salah satu penerima bantuan program Light Up the Dream.

Program Light Up The Dream merupakan program bantuan penyambungan listrik tanpa biaya hasil dari donasi yang dilakukan oleh pegawai PLN dengan tujuan untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu dalam mendapatkan listrik. Program ini mulai diinisiasi pada tahun 2020 dan terus berjalan setiap tahunnya.

Untuk kemudahan layanan, masyarakat dapat memanfaatkan Aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore. Dalam aplikasi ini terdapat fitur layanan seperti pasang baru, tambah daya, pelaporan gangguan dan masih banyak fitur menarik lainnya. Dengan PLN Mobile, semua makin mudah. */HJ