SULTENG RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banggai, Ir. Abdullah Ali,M.Si menghadiri kegiatan panen hasil belajar calon guru penggerak angkatan IV Kabupaten Banggai tahun 2023, di Gedung Graha Pemda Kelurahan Karaton, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sabtu (15/4/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan itu, unsur Forkopimda, anggota DPRD Banggai, perwakilan Balai Guru Penggerak Provinsi Sulteng, Kacabdis Wilayah V Provinsi Sulteng, para Staf Ahli/Asisten/Staf Khusus Bupati, Kadis Pendidikan beserta jajarannya, para pimpinan OPD, para Kepala Sekolah dan Pengawas Satuan Pendidikan Kabupaten Banggai.

Dalam sanbutannya Sekda Banggai mengatakan, kemajuan peradaban sebuah bangsa sangat ditentukan oleh kemajuan pendidikannya. Olehnya itu, pendidikan harus mampu memfasilitasi murid-murid agar dapat berkembang tumbuh sesuai potensi yang mereka miliki dalam keragaman latar belakang pendidikannya.

“Transformasi pandidikan yang dicanangkan oleh pemerintah melalui program guru penggerak adalah sebuah jawaban atas pendidikan saat ini, Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP), merupakan wujud komitmen Kemendikbud berkolaborasi dengan berbagai pihak pemangku kepentingan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi murid-murid indonesia,” kata Sekda.

Melalui keterlibatan bapak dan ibu lanjutnya, sebagai individu-individu yang proaktif dan memiliki kepedulian terhadap kemajuan dan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya Kabupaten Banggai maka dibentuklah Program Pendidikan Guru Penggerak.
“Peran guru penggerak adalah memfasilitasi murid-murid di Kabupaten Banggai untuk belajar tentang -nilai luhur sosial, budaya masyarakat, agar nilai-nilai tetrsebut tidak tergerus oleh kehadiran budaya luar yang begitu masif,” terangnya.

Namun tambahnya, bukan berarti kita mengajarkan kepada murid-murid menjadi tertutup terhadap budaya dari luar, melainkan mengambil nilai-nilai positifnya dan mengintegrasikan dengan budaya lokal kita. */MAN