RAYA – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia () Provinsi Sulawesi Tengah bersama Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) Sulteng melaksanakan kegiatan kurasi produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah () di salah satu hotel , Senin (10/4/2023). Kegiatan itu sebagai rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Kegiatan kurasi diikuti oleh 135 UMKM yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di wilayah Sulawesi Tengah dan didapatkan melalui proses pendaftaran dan pendataan yang mulai dilakukan sejak bulan Februari 2023.

Untuk mendapatkan hasil kurasi yang maksimal, juga dihadirkan 3 (tiga) kurator nasional yaitu Wignyo Rahadi untuk bidang fashion, Chef Haryo Pramoe untuk bidang food and beverages dan Ranti Kartakusuma untuk bidang craft. Kurasi dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu pada 10 dan 11 April 2023 dengan metode luring dan daring.

Kepala Perwakilan , Dwiyanto Cahyo Sumirat mengatakan melalui kegiatan kurasi ini, nantinya akan didapatkan produk-produk UMKM Sulawesi Tengah yang unggul serta mampu bersaing dalam kancah nasional.

“Kurasi ini diharapkan dapat memberikan tambah berupa pengetahuan ataupun peningkatan kualitas produk UMKM. Dengan peningkatan kualitas produk UMKM, kedepannya diharapkan akan mampu menggerakkan perekonomian Sulawesi Tengah,” kata Dwiyanto Cahyo Sumirat dalam sambutannya.

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UKM Sulteng, Sisliandy menyampaikan apresiasi atas dukungan berbagai pihak dalam penyelenggaraan kurasi ini. Selain itu,  Sisliandy juga  menyebutkan bahwa terdapat empat sub sektor usaha yang menjadi fokus kurasi produk unggulan UMKM/IKM, yaitu sub sektor olahan pangan, sub sektor kerajinan, sub sektor IT, dan sub sektor fashion.

Adapun Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia/Bangga Berwisata Indonesia 2023 di Provinsi Sulteng akan mulai diluncurkan secara resmi pada tanggal 14 April 2023 mendatang. Kegiatan itu ditandai dengan pelaksanaan kegiatan peluncuran yang dirangkai dengan pembukaan event Sulteng Ekonomi Syariah Expo 2023 bertempat di Taman GOR, . Gernas BBI/BBWI ini nantinya akan berlangsung hingga kegiatan harvesting pada bulan Agustus mendatang. Kegiatan Kurasi UMKM turut dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Sulteng Richard Arnaldo, Perwakilan PT. Witel Sulteng, serta sejumlah instansi lainnya. *WAN