RAYA – Memasuki momentum dan libur 2023, platform travel terdepan se-Asia Tenggara, , mengakui, tren masyarakat melakukan perjalanan meningkat dua kali lipat.
Data internal Traveloka menunjukkan sebanyak 34 persen pengguna menyatakan memiliki preferensi baru terhadap rencana perjalanan mereka bersama keluarga tercinta.
Sebanyak 48 persen pengguna menyatakan, mereka akan memanfaatkan momen Lebaran 2023 untuk merencanakan liburan, baik domestik maupun internasional.

Chief of Marketing Officer Traveloka, Shirley Lesmana, mengatakan, dengan berakhirnya PPKM per 31 Desember 2022 lalu, pihaknya melihat tren perjalanan domestik maupun internasional terus meningkat.
“Terlebih di masa libur Lebaran 2023 nanti. Dalam perayaan Ramadan 2023, kami kembali menegaskan komitmen menghadirkan layanan komprehensif yang mengutamakan kenyamanan dan kemudahan konsumen dalam merencanakan perjalanan mudik maupun liburan bersama keluarga,” kata Shirley dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Selasa (28/3/2023).

Menurut riset internal Traveloka, jumlah konsumen yang merencanakan untuk berlibur periode libur lebaran 2023 meningkat, dilihat dari melonjaknya pencarian penerbangan domestik yang mencapai hampir dua kali lipat dibanding tahun lalu.

Sementara berdasarkan Survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT), Kementerian Perhubungan memperkirakan pergerakan masyarakat mencapai 123,8 juta orang pada mudik lebaran 2023. Jumlah itu meningkat 14,2 persen dibandingkan pergerakan masyarakat lebaran 2022 mencapai 85,5 juta orang.
Traveloka juga mencatat berbagai destinasi yang paling diminati pengguna untuk merayakan libur lebaran seperti Bali, Surabaya, Medan, Padang, Yogyakarta untuk destinasi domestik.

Sementara itu, pengguna Traveloka juga menyebutkan Singapura, Malaysia, , Korea Selatan, Jepang juga diminati untuk destinasi internasional. Traveloka juga melihat bahwa moda transportasi favorit pengguna untuk menjalani libur lebaran tak hanya melalui pesawat, melainkan ragam moda transportasi darat lainnya seperti kereta api, bus & shuttle, serta mobil pribadi.

Melihat tumbuhnya tren untuk melakukan perjalanan di periode libur Lebaran ini, Traveloka melalui rangkaian kampanye #RAYAkanYourWay siap menghadirkan layanan end-to-end serta promosi menarik baik untuk pemesanan tiket transportasi pesawat terbang, kereta api, bus, maupun akomodasi serta atraksi hiburan, dilengkapi dengan fitur PayLater. Seluruh layanan ini akan semakin memudahkan konsumen dalam merencanakan perjalanan yang personalized dan fleksibel.

Rangkaian kampanye tagar itu telah diluncurkan sejak 7 Maret 2023 untuk mengajak konsumen mengeksplorasi berbagai cara dalam merayakan libur Lebaran, mulai dari persiapan mudik hingga perjalanan liburan domestik maupun internasional.
Program promosi spesial ini dimulai dengan tawaran hingga Rp1 juta untuk pemesanan tiket pesawat domestik, diskon hingga Rp1,75 juta untuk reservasi tiket pesawat internasional, diskon hingga Rp 300.000 untuk reservasi tiket kereta, diskon reservasi bus dan shuttle serta kejutan Flash Sale Ramadan.
Shirley mengatakan, sebagai platform perjalanan yang kini hadir di enam negara di Asia Tenggara, Traveloka senantiasa berinovasi dalam memenuhi kebutuhan penggunanya.

“Kami memahami bahwa konsumen memiliki aspirasi dan kebutuhan yang beragam. Menyambut libur lebaran mendatang, tidak hanya produk dan layanan end-to-end bagi konsumen yang menjadi fokus kami, namun juga kesiapan dalam menghadapi lonjakan traffic pengguna,” ujar Shirley.
“Kami senantiasa memastikan bahwa konsumen kami mendapatkan pengalaman ketika menggunakan platform digital kami dalam merencanakan mudik maupun liburan bersama keluarga,” tutupnya. RHT