RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka membuka kegiatan penilaian penurunan Kabupaten Banggai, yang diselenggarakan oleh Kantor Bappedalitbangda Banggai, di ruang rapat Pahangkabotan Bappedalitbangda, Jumat (17/3/2023).
Kegiatan yang mengusung tema, Penguatan Konvergensi pada Keluarga Beresiko untuk Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Banggai, dihadiri unsur Forkopimda, Kepala Bappedalitbangda Banggai, para pimpinan OPD, Ketua Tim TPPS Provinsi Sulteng dan Ketua TP-PKK Banggai.
Dalam sambutannya Bupati Banggai mengatakan, percepatan penurunan stunting adalah setiap upaya yang mencakup intervensi spesifik dan intervensi sensitif yang dilaksanakan secara konvergen, holistik, integratif dan berkualitas melalui kerjasama multisektor di pusat, daerah dan desa.
“Untuk mencapai hasil yang optimal tentunya dibutuhkan dukungan dan bantuan dari semua pihak untuk percepatan penurunan stunting di Indonesia khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng),” kata Bupati.
Pencapaian target pembangunan kesehatan melalui upaya percepatan penurunan stunting lanjut Bupati, merupakan salah satu utama dalam mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing.
“Dalam pelaksanaan percepatan penurunan stunting telah terbentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting yang selanjutnya disingkat menjadi TPPS yang berfungsi mengkoordinasikan dan memastikan pelaksanaan PPS untuk mencapai target penurunan stunting kabupaten dan kota,” terangnya.
Pada TPPS tersebut sambungnya, terdapat 4 bidang antara lain, Bidang pelayanan intervensi sensitif dan intervensi spesifik, Bidang perubahan perilaku dan pendampingan keluarga, Bidang koordinasi, konvergensi dan perencanaan dan bidang data, pemantauan dan Knowledge Mangement.
“Saya berharap forum ini mampu mengkoordinasikan dan memetakan program PPS di setiap unsur yang terdapat pada TPPS,” jelas Bupati.
Selanjutnya, Bupati Banggai melakukan peninjauan ke beberapa stand pameran stunting didampingi unsur Forkopimda, Kepala Bappeda, Ketua Tim TPPS Sulteng dan Ketua TP-PKK Banggai. */MAN