RAYA – Jelang 1444 H, Indonesia menghadirkan rangkaian produk air fryer yang dapat membuat kegiatan memasak menjadi menyenangkan dan mudah dilakukan.

Sales & Marketing Senior GM PT Sharp Electronics Indonesia, Andri Adi Utomo, mengatakan, peluncuran jajaran produk air fryer sengaja dilaksankaan jelang Ramadan. Karena, selama bulan suci Ramadan, aktivitas memasak mengalami peningkatan, tidak hanya di sore hari namun juga menjelang sahur.

“Kami berharap produk air fryer ini dapat membantu konsumen dalam menyiapkan hidangan berbuka puasa dan sahur, memasak menjadi mudah dan tidak perlu waktu lama. Selain itu makanan yang di hasilkan pun sehat, karena minim minyak. Seperti yang kita ketahui saat berpuasa tidak disarankan mengkonsumsi terlalu banyak makanan mengandung minyak karena dapat mengganggu kesehatan pencernaan dan tenggorokan,” ungkap Andri, Senin (13/3/2023).

Sementara itu, Staf Divisi Promosi PT SHARP Electronics Indonesia Branch , Reinhard, mengatakan, produk air fryer SHARP terbaru tersebut langsung habis terjual di semua toko elektonik di Palu.

“Kondisi tersebut lantaran produk terbaru tersebut sangat disukai oleh ibu-ibu rumah tangga dalam memudahkan dalam menyajikan makanan yang sehat dan bergizi. Adapun harga air fryer ini untuk area Palu dijual berkisar hingga Rp1,1 juta,” kata Reinhard kepada Sulteng Raya, Selasa (14/3/2023).

Ia menerangkan, air fryer SHARP terbaru tersebut memiliki tiga model, yaitu tipe pertama adalah KF-ML42BK /KF-MP42WH, hadir dalam dua varian warna yaitu hitam dan putih.

Tipe itu memiliki ukuran 350 x 260 x 306 milimeter dengan berat 3,9 kg dan kapasitas 4,2 liter.

Diluncurkan dengan kisaran harga Rp700.000 – Rp900.000, tipe basic itu dibenamkan tiga fitur utama, yaitu rapid air system,  sebuah teknologi bekerja dengan pemanas dan kipas di dalam air fryer, sehingga panas di dalam air fryer lebih merata dan dapat menggoreng dengan sedikit atau tanpa minyak sekalipun.

Detachable fry , dimana keranjang penggorengan dapat lepas pasang hingga mudah untuk dibersihkan.  Auto continue feature merupakan fitur dimana produk air fryer dapat kembali melanjutkan kembali proses memasak secara otomatis tanpa harus menekan tombol kembali setelah membalik masakan,” ucapnya.

Berbeda dengan tipe pertama, kata dia, tipe kedua KF-DP52BK hanya memiliki satu varian warna yaitu Hitam. Berukuran 389 x 305 x 323 mm, dengan kapasitas lebih besar yaitu 5,2 liter, berat 5,4 kg.

Selain fitur rapid air system dan auto continue feature, tipe kedua tersebut dibekali tiga fitur unggulan tambahan, seperti fitur air fry, bake, roast dan reheat, dimana pengguna bisa secara mudah memilih mode pengoperasian tanpa harus mengatur suhu secara manual.

Kemudian memiliki fitur turn reminder menginformasikan pengguna membalik masakan saat proses memasak. Fitur auto preheat secara otomatis air fryer memanaskan dahulu fryer basket sebelum digunakan hingga mempercepat proses memasak. Guna menambah estetika tampilan tipe KF-DP52BK, Sharp melengkapi indikator, display dan capacitive touch control dengan LED Light Indicator.

“Tipe KF-DP52BK dibandrol harga kisaran Rp1,2 juta hingga Rp1,3 juta,” ucapnya.

Kemudian, kata dia, tipe ketiga adalah tipe KF-DP55BK/KF-DP55BL, tersedia dengan dua pilihan warna yaitu hitam dan biru, memiliki ukuran 347 x 267 x 325 mm, mampu menampung masakan lebih besar, dengan kapasitas 5,5 liter, mempunyai berat 5,14 Kg.

“Tipe ini dilengkapi fitur standar seperti pada tipe lainnya yaitu Rapid Air System, Detachable Fry Pan, Auto Continue Feature. Tidak hanya itu, khusus tipe KF-DP55Bk/KF-DP55BL Sharp menambahkan fitur 12 Programs yang memberikan kemudahan dalam memasak berbagai pilihan program otomatis, mulai dari menggoreng hingga membuat kue. Tipe KF-DP55Bk /KF-DP55BL diluncurkan kepasaran dengan harga Rp1,1 juta hingga Rp1,2 juta,” katanya.

“Kami optimistis, meluncurkan produk air fryer menjelang Ramadan dapat meningkatkan share untuk produk-produk Small Home Appliance Sharp sebesar 10 persen,” tuturnya. */HJ