SULTENG RAYA – Personel SAR Brimob Sulteng melatih selam para Pecinta Alam (Mapala) Universitas Tadulako (Untad) selama dua hari yang dilaksanakan di dua lokasi yang berbeda.

Untuk hari pertama pada Sabtu (4/3/2023) dilaksanakan di Sekretariat Mapala Marabunta Universitas Tadulako dan hari Ahad (5/3/2023) dilaksanakan di kolam renang Sutan Raja, .

“Materi yang diberikan hari sebelumnya yaitu pengenalan peralatan selam yang meliputi tabung scuba, regulator, BCD dan beberapa peralatan pendukung berikut cara penggunaannya. Sekarang kami gelar aplikasi materi latihan,” ujar Bripka Sutrisno dari Detasemen Gegana.

Menurutnya, pelatihan teknik dasar menyelam dengan instruktur personel Batalyon A Pelopor dan Detasemen Gegana Satbrimob Polda Sulteng ini digelar untuk meningkatkan kemampuan selam Mahasiswa pecinta Alam.

“Mengingat telah beberapa kali terjadi bencana banjir yang mengakibatkan korban terbawa arus atau tenggelam, adalah hal baik untuk membekali pemuda-pemuda dari Mapala Untad ini dengan kemampuan dasar selam,” tambah Bripka Sutrisno.

Di tempat terpisah, Wadanyon A Pelopor, AKP Cahyo Suryanto menyampaikan, kepada PID Satbrimob Polda Sulteng bahwa tujuan lain dari pelatihan tersebut adalah meningkatkan kepercayaan diri peserta. Namun, disisi lain ia meminta instruktur yang bertugas untuk memberikan penekanan kepada peserta untuk mengutamakan keselamatan diri sendiri dan menyerahkan penyelamatan dan pertolongan korban kepada yang lebih ahli, dalam hal ini Tim SAR.

Diketahui, kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulteng dengan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Tadulako. */YAT