RAYA – Badan Pengawas Pemilihan Umum () Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan  kapasitas bagi Pengawas Pemilu (Panwaslu) se-Kecamatan Tojo Una-Una.

Bimtek yang diadakan selama dua hari itu, dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Jamrin sekira Pukul 14:00 Wita, di salah satu hotel di Ampana, Selasa (28/2/2023) hingga Rabu (1/3/2023).

Sebelum memberikan arahan, Jamrin memohon izin untuk menyampaikan pantunnya. Berikut satu buah pantun yang disampaikan Ketua Bawaslu Sulteng ini dihadapan para peserta bimtek. “Kalau Tidak Karena Dataran Bulan Tidaklah Bintang Meninggi Hari Kalau Tidak Karena Tuan dan Puan Tidaklah Bawaslu Berdiri Kokoh,” ucapnya diikuti dengan seruan tepuk tangan dari para peserta bimtek.

Selanjutnya, Jamrin juga menyapa pejabat lainnya. Acara ini dihadiri Ketua dan Komisioner Bawaslu Touna, Drs. Abas, Suwandi T. Billatulah, Leming dan Touna, Dirwansyah Putra.

Jamrin pun menyampaikan harapannya kepada Ketua KPU Touna, Dirwasyah Putra. “Insya Allah kedepan beliau bisa berada di KPU Provinsi Sulawesi Tengah untuk dapat mewakili Kabupaten Tojo Una-Una,” katanya.

Lanjut Jamrin menuturkan, Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan untuk memberikan pembekalan terkait tugas wewenang dan kewajiban personel panitia pengawas pemilu kecamatan dalam menghadapi pemilu serentak tahun 2024.

Menurutnya, panwaslu kecamatan adalah orang-orang pilihan dan serta memiliki integritas yang tinggi. “Mereka adalah garda terdepan dalam mengawasi pemilu,” ucap Jamrin.

Mantan Jurnalis Poso 97 itu juga berharap, bimtek ini bisa memberikan spirit bagi Panwaslu dalam proses Pencegahan dan Pengawasan tahapan mendatang. BD