RAYA-Untuk meningkatkan kapasitas tenaga kependidikan yang ada di Universitas Muhammadiyah () , Lembaga Pembinaan Pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyaan (LP2AIK) kembali melaksanakan Baitul Arqam.

Baitul Arqam tersebut berlangsung selama tiga hari, dimulai dari hari Jumat hingga Ahad (24-26 Februari 2023) dibuka oleh Wakil Rektor II Unismuh Palu, Burhanuddin, SE., MM, bertempat di Aula Rektorat Unismuh Palu.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 85 tenaga kependidikan, Burhanuddin mengatakan, sebagai tenaga kependidikan yang bekerja di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah harus memiliki energi yang kuat sebagai penggerak perubahan. Tenaga Kependidikan adalah unsur inti pelayanan  sehingga diharapkan memiliki komitmen untuk senantiasa meningkatkan pelayanan terhadap stakeholder. “Sebagai tendik juga harus memiliki keinginan untuk maju mengembangkan Unismuh Palu,” sebut Burhanuddin.

Lebih lanjut Burhanuddin, sebagai Tenaga Kependidikan juga mempunyai kewajiban untuk meningkatkan kapasitas diri, harus mengisi serta merawat kebesaran persyarikatan untuk kepentingan keummatan. ‘'Mari bersama-sama bersemangat menggerakkan sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing, hikmah dari kegiatan dari Baitul Arqam ini lebih memahami keikhlas kita dalam mengerjakan sesuatu,” pesan  Burhanuddin.

Baitul Arqam sendiri adalah suatu bentuk Pembinaan di Muhammadiyah yang berorientasi pada pembinaan ideologi keislaman dan kepemimpinan. Tujuan kegiatan Baitul Arqam adalah untuk meningkatkan pemahaman keislaman, menciptakan kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan dan cara berpikir di kalangan anggota persyarikatan dalam melaksanakan misi Muhammadiyah.

Kegiatan Baitul Arqam diselenggarakan untuk lebih memahami hakikat Muhammadiyah. Salah satu yang dipelajari dalam Baitul Arqam adalah Paham Agama yang disyariatkan dalam Agama Islam, yang menjelaskan prinsip prinsip ibadah yang benar. Muhammadiyah adalah gerakan Islam yang melaksanakan dakwah dan tajdid untuk terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. ENG