RAYA – Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha (TU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama () Sulawesi Tengaha, Makmur M Arief, menerima bantuan MCK dan Sanitasi Pondok Pesantren 2022 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk 17 Pondok Pesantren se-Sulteng di Aula Kanwil Kemenag Sulteng, Rabu (22/2/2023).

Selanjutnya dilakukan penandatanganan serah terima bantuan MCK dan sanitasi kepada Ponpes Sulteng oleh masing-masing Ponpes, disaksikan pihak PUPR dan Kanwil Kemenag Sulteng.

Pada kesempatan itu, Kabag Makmur mengingatkan pihak Ponpes telah menerima bantuan agar memperhatikan pentingnya pemeliharaan sarana dan fasilitas MCK dan Sanitasi telah dibangun.

“MCK dan Sanitasi yang dibuat oleh PUPR  dengan bagus dan indah dapat difungsikan dan dipelihara dengan baik oleh para santri dan pengelola Ponpes,” kata Kabag Makmur.

Saat ini, kata dia, 135 Ponpes di Sulteng sudah  mempunyai ijin operasional. Ia berharap, Ponpes lainnya dapat mengurus Ijin Operasionalnya  agar mudah mendapatkan berbagai fasilitas bantuan yang disediakan Pemerintah, demi kemajuan santri dan pengembangan, serta kemandirian Ponpes.

Sementara itu, PPK PUPR Pusat, Muh Ishak Canne, menyampaikan, mulai 2020, Wakil Presiden RI meminta langsung kepada menteri PUPR agar Ponpes di Indonesia dibangun MCK dan Sanitasi setiap tahun, sehingga pada 2021, terdapat 35 ponpes mendapat bantuan 30 unit MCK dan sanitasi.

Alhamdulillah, pada tahun 2022 ada 17 Ponpes dibangun MCK dan Sanitasi pada di wilayah Sulteng. Bantuan MCK dan Sanitasi ini dilengkapi dengan fasilitas tempat wudhu, tempat cuci tangan dan yang beda adalah septictank,” jelas Muh Ishak.HGA