RAYA – Personel  Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) siap mengikuti National Firefighter Skill Competition (NFSC) di Jakarta pada 26 hingga 28 Februari 2023.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

“Sebanyak tujuh orang personel  Disdamkarmat sudah disiapkan mengikuti National Firefighter Skill Competition 2023,” kata Kepala Disdamkarmat Kota , Sudaryano R Lamangkona, Rabu (15/2/2023).

Ia menyebutkan, pihaknya sudah selesai melakukan proses dan saat ini tujuh Personel  tersebut sedang menjalani proses latihan secara individual, sambil menunggu tanggal pemberangkatan ke Jakarta.

“Proses pelatihan sudah selesai dilaksanakan, saat ini tujuh Personel  itu sedang menjalani proses latihan individual sambil menunggu waktu pemberangkatan,” ucapnya.

Ia mengatakan, dalam kompetisi itu, terdapat dua kelas lomba, yakni survival dan hose laying. Hal itu, berkaitan dengan penanggulangan peristiwa kebakaran dan bencana lainnya, serta upaya penyelamatan korban dengan waktu cepat dan menggunakan peralatan yang ada.

“Hal ini juga meliputi atau berkaitan dengan kerja sama tim, serta tata cara penggunaan peralatan yang baik dan benar,” katanya.

Bukan hanya itu saja, lombanya dibuatkan halang rintang atau handycap yang sulit untuk melihat skill atau keterampilan Personel  Disdamkarmat dalam melakukan penyelamatan dan melihat bagaimana sistem manajemen lapangan dalam setiap operasi.

“Sehingga, harapannya ketujuh Personel  Disdamkarmat ini mampu menumbuhkan bagi Disdamkarmat Kota Palu dan bagi pemerintah, serta masyarakat,” ujarnya.ULU