RAYA –  Untuk memaksimalkan pengawasan Pemilu serentak yang akan digelar tahun 2024 mendatang, Kabupaten Poso menggelar Apel Siaga Pengawasan Satu tahun menuju , Selasa (14/2/2023).

Pada kesempatan itu, Ketua  Bawaslu Kabupaten Poso, Abdul Malik Saleh,S.Sos.,M.AP bertindak selaku inspektur apel siaga yang  digelar di halaman Kantor Bawaslu Kabupaten Poso, JL.Gatot Subroto No.3. Kelurahan Kasintuwu, Kecamatan Poso Kota Utara.

“Kegiatan ini merupakan momentum yang menandakan alarm bagi kita untuk bekerja secara proaktif dan selalu berkomunikasi dengan pimpinan satu tingkat di atas. Semua aktivitas pencegahan dan penindakan harus dilaksanakan, baik pencegahan terhadap money politik, dan kemudian pencegahan terhadap tindak Pemilu,” ujar Abd. Malik Saleh dalam arahannya.

Ditambahkan Abd Malik, sosialisasi pengawasan partisipatif harus terus digalang. Untuk tingkat kecamatan, saat ini telah dilakukan penandatanganan , baik itu anti money politik, maupun kerja sama dengan kelompok-kelompok warga masyarakat.

Giat apel siaga kali ini juga dirangkaikan dengan acara launching Komunitas Pengawasan Partisipatif “Jarimu Awasi Pemilu” dan Lauching Posko Kawal Hak Pilih.

“Aplikasi ini juga berfungsi sebagai alat pelaporan cepat bagi masyarakat,” urai Abd Malik.

Selain itu, kata Abd. Malik, Bawaslu Poso akan melaunching posko pengaduan hak pilih, dimana posko ini akan dibuka di Kantor Panwaslu Kecamatan.

“Posko ini dibentuk bertujuan untuk menerima aduan terhadap warga negara yang tidak dicatat sebagai pemilih dalam Pemilu tahun 2024, dan juga sebagai alat kontrol pengawasan guna melindungi hak pilih masyarakat,”jelasnya.

Peserta Apel Siaga Pengawasan terdiri dari Ketua dan Anggota Panwascam  Poso Kota Bersaudara dan Lage beserta jajaran sekretariat. Kegiatan ini dilaksanakan menindaklanjuti surat instruksi Siaga Bawaslu Republik Indonesia No. 1 Tahun 2023 tanggal 10 Februari 2023.

Selain itu, tampak juga Pimpinan Bawaslu Kabupaten Poso yang hadir dalam apel tersebut seperti, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Christian Adiputra Oruwo,SH.MH, serta  Kepala Sekretariat, Wiliam Otniel Malala,SIP. SYM