SULTENG RAYA – Wali Kota ,  Hadianto Rasyid, meninjau drainase di sejumlah ruas jalan sekaligus mengechek kebersihan lingkungan, Jumat (10/2/2023).

Adapun lokasi jalan dikunjungi diantaranya, Jalan Cendrawasih, Juanda, Sudirman, Una-Una, Tanjung Tururuka hingga lingkungan kantor DPRD Kota Palu.

Pada kesempatan itu, ditemukan, sejumlah drainase yang perlu perbaikan hingga pengerukan material sampah yang menyumbat.

“Sejumlah drainase menjadi domain PU Kota Palu akan jadi perhatian untuk dikerjakan, apalagi drainase yang sudah tersumbat dan rusak bahkan sampah yang ada dalam drainase juga jadi perhatiaan untuk dibersihkan,” kata Wali Kota Hadianto.

Berbeda dengan drainase, ruas jalan justru ditemukan lebih bersih. Ia mengatakan, kondisi tersebut merupakan peran padat karya menjaga lingkungan tetap bersih.

”Melihat hasil kerja padat karya ini, kita akan memprogramkan pemberian penghargaan kepada para padat karya yakni program ‘Terimakasih Padat Karya',” katanya.

Ikut mendampingi, Sekda Kota Palu, Irmayanti, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Hardi, Sekdis PU Kota Palu, Ismayadin, tim percepatan pembangunan dan sejumlah lurah dan pejabat lainnya.

INSENTIF PADAT KARYA RP500 RIBU

Sebagai informasi tambahan, saat ini untuk mengapresiasi kinerja padat karya di daerah itu, memberikan insentif Rp500 ribu per bulan.

Selain mendapatkan insentif, seluruh anggota padat karya juga diikutkan dalam program maupun .

“Walaupun sudah naik gaji tetap dapat asuransi. Olehnya, saya meminta seluruh kita melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan sebaik-baiknya dan saya minta ketika berdinas harus memakai seragam,” ucap Wali Kota Hadianto beberapa waktu lalu.

Setiap ruas jalan ditempatkan empat hingga enam tenaga padat karya untuk membersihkan kawasan per 200 meter.

“Kehadiran padat karya sangat membantu pemerintah menjaga kebersihan lingkungan, yang mana Pemkot Palu dalam program ini melibatkan 3.500 orang pekerja sebagai bagian dari partisipasi untuk mewujudkan visi kebersihan kota dengan slogan Palu mantap bergerak,” tuturnya. HGA