RAYA – menggelar rapat persiapan Pra PON bersama pengurus provinsi cabang olahraga, di Aula Sulteng, Selasa (24/1/2023). Rapat itu dihadiri sekitar 40 pengurus provinsi.

Rapat dipimpin Sekum Husin Alwi, Ketua Harian Edison Ardiles dan bidang pembinaan Dr Humaedi, Ateng, Rohyana dan wakil ketua umum H Alizam Lamadau.

Husin Alwi mengatakan tujuan cabang olahraga mengikuti Pra PON agar  bisa mengikuti program Sulteng Emas yang targetnya memenuhi harapan Gubernur Sulteng minimal 10 medali emas pada PON 2024 di Sumatera Utara dan Aceh.  Cabang olahraga diminta profesional dalam mempersiapkan atletnya yang mengikuti babak kualifikasi PON.

“Kita semua berjalan on the track, Pengprovnya profesional dan KONI juga profesional, maka bisa berjalan dengan baik,” kata Husin Alwi.

Babak Kualifikasi PON atau Prakualifikasi PON 2024  serentak dilaksanakan tahun 2023 ini. Beberapa cabang olahraga yang menggunakan sistem Pra PON per wilayah atau zona seperti sepak bola dan . Ada juga sistem ranking seperi petanque, dan seri seperti atletik dan menembak.

Adapun cabang olahraga yang telah pasti tuan rumah Pra PON di Sulteng yaitu atletik lari Marathon pada Mei 2023 di Parigi Moutong. Sementara  baru wacana yaitu Futsal yang akan dilaksanakan di GBK dan bola voli indoor yang akan dilaksanakan di venue indoor Parigi Moutong.  Hasil keputusan tuan rumah kedua cabang olahraga itu akan diputuskan melalui Rakernas. *WAN