RAYA – Bupati Parigi Moutong (), H. Samsurizal Tombolotutu melakukan pelantikan pejabat pada jabatan eselon II, III dan pejabat fungsional menjelang pergantian tahun 2022 ke tahun 2023 di halaman rumah jabatan (rujab) Bupati, Sabtu (31/12/2022) malam.

Rotasi pejabat menjelang malam pergantian tahun selalu dilakukan Bupati Samsurizal dalam kurun beberapa tahun terakhir.

Dalam sambutannya Bupati menekankan, agar para pejabat yang baru dilantik tersebut mengelola anggaran dengan baik. Dia mengingatkan, para pejabat pengelola anggaran agar tidak mengambil hak-hak orang atau rakyat. Dia meminta masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan dan melaporkan kepada Bupati jika mengetahui terjadi penyimpangan anggaran.

“Saya minta kepada masyarakat agar melaporkan kepada saya bila mengetahui adanya penyimpangan anggaran yang disertai bukti-bukti agar pejabat tersebut saya ganti,” ujarnya.

Samsurizal mencontohkan, di tahun 2019 ada pejabat gagal mengelola anggaran di OPD, maka dia selaku Bupati harus menegakan aturan sesuai dengan aturan Menteri Keuangan yakni memberikan tindakan tegas berupa sanksi administrasi, dan semua pejabat tersebut sudah tercatat untuk tidak lagi mengelola keuangan yang ada di daerah.

“Saya minta kepada kepala BPKAD dan kepala Bappelitbangda, mereka-mereka yang dulu gagal mengelola keuangan tidak boleh lagi diberikan anggaran, saya akan garis bawahi, dan pejabatnya yang bertanggungjawab adalah eselon II dalam hal ini Kadis. Kita jangan hanya menyalahkan pegawai kecil tetapi pejabat penanggungjawab tidak dikenakan sanksi. Olehnya saya dapat penekanan dari Kemendagri dan untuk menegakkan aturan ini,” tekannya.

Untuk pejabat yang dilantik malam tahun baru itu diantaranya untuk pejabat eselon II adalah Drs Aminuddin jabatan lama Kadis Pendidikan dan Kebudayaan jabatan baru staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sekretariat Daerah.

Sementara, rotasi pejabat eselon II diantaranya  Abd Azis Tombolotutu jabatan lama Kadis PUPRP jabatan baru Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah. Selanjutnya, Hendra Bangsawan jabatan lama Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman, jabatan baru Kadis PUPRP. Dra Alina A Deu jabatan lama Kepala BKPSDM, jabatan baru Sekretaris DPRD. Hartati jabatan lama Sekretaris DPRD, jabatan baru Kepala BKPSDM. Mahmud M Tandju jabatan lama Kadis Pendapatan Daerah jabatan baru Kadis . Moh Nasir jabatan lama Kadis Kelautan dan Perikanan jabatan baru Kadis Ketahanan Pangan. Moh Sakti A Lasimpala jabatan lama Kepala Kesbangpol jabatan baru Kadis Kelautan dan Perikanan. Masdin jabatan baru Kepala Kesbangpol.

Usai prosesi pelantikan pejabat, dilanjutkan dengan kegiatan zikir dan ceramah agama oleh Ketua MUI Kota , Prof DR KH Zainal Abidin. AJI