oleh

Warek Imbau Mahasiswa Manfaatkan Perpustakaan

-Pendidikan-dibaca 282 kali
SR Ads

SULTENG RAYA- Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Sudirman, S.KM., M.Kes mengimbau kepada suluruh mahasiswa yang ada di kampus biru untuk berkunjung dan memanfaatkan perpustaan universitas untuk mencari referensi buku guna menambah ilmu pengetahuan.

Pasalnya tingkat kunjungan mahasiswa di perpustakaan universitas masih tergolong minim, pada hal jika hanya sekadar mencari referensi buku guna menambah pengetahuan kini sudah sangat cukup bagi 20 program studi yang ada di kampus ini.

Termasuk buku-buka referensi terbaru, saat ini sudah banyak tersedia di perpustakaan universitas, bahkan telah terdapat BI Corner.“Silahkan memanfaatkan perpustakaan yang ada sebagai gudang ilmu pengetahuan, mahasiswa sebagai masyarakat akademik tidak boleh elergi membaca buku untuk menambah pengetahuan,”ujar Sudirman, Selasa (4/1/2022).

Baca Juga :   STIA Pembangunan Palu Jajaki Kerjasama dengan Pemkot

Kata warek, upaya untuk mendorong kunjungan mahasiswa ke perpustakaan terus dilakukan, termasuk telah mendatangkan (rekrutmen baru) perpustawan sebanyak dua orang, dengan harapan kehadiran dua tenaga baru itu dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pengunjung perpustakaan.

Bahkan kedua orang perpustawakan itu juga telah diberikan tugas khusus oleh Warek Bidang Akademik menyusun program digitalisasi perpustakaan universitas. Hal tersebut sebagai upaya menjawab kebutuhan generasi (mahasiswa) melenial saat ini yang memang serba digitalisasi. 

Kata warek, digitalisasi perpustakaan sudah menjadi keharusan ditengah gempuran teknologi informasi. Olehnya itu, Kampus Biru Unismuh Palu juga harus dapat menjawab kebutuhan tersebut. “Menjawab kebutuhan melenial saat ini, kami sudah merekrut dua orang perpustawakan baru, dan kami beri tugas dalam waktu dekat harus bisa menjawab segala kebutuhan digitalisasi itu,”jelas Sudirman.

Baca Juga :   SD Gamaliel Palu Borong Medali Kompetisi Bulu Tangkis Tingkat Kota

Tentunya kata warek, suasana perpustakaan juga harus bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung, menjadi tempat yang menyenangkan untuk melakukan aktivitas membaca, belajar, seni, budaya, dan keterampilan. Bahkan harus menjadi tujuan mahasiswa dalam mengisi waktu luangnya, sehingga dapat membangkitkan potensi membaca bagi mahasiswa.

Warek berharap, perpustakaan universitas harus betul-betul bisa merealisasikan yang dimaksud Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007, dimana undang-undang itu mengatakan bahwa perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. ENG

Komentar

News Feed