RAYA – Pemda Kabupaten Parigi Moutong () kembali dipercaya menggelar kegiatan progam Antar Kampung (Tarkam) yang kedua kalinya. Kegiatan yang merupakan program Kementerian Pemuda dan Olahraga tersebut dibuka oleh Parmout, Richard Arnaldo di halaman kantor Bupati Parmout, Selasa (9/7/2024).
Ketua Panitia Pelaksana Tarkam, Faisan Badja dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan tarkam dimulakan tanggal 9 sampai dengan 11 Juli 2024 bertempat di halaman kantor bupati dan alun-alun. Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan/dilombakan adalah atletik fun run lima kilo meter, bola voli, bulutangkis dan senam.
Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut kata Faisan, berasal dari 23 kecamatan yang dibagi menjadi enam rayon yakni rayon I terdiri dari Kecamatan Sausu, Balinggi dan Torue, rayon II Kecamatan Parigi Selatan, Parigi Barat, Parigi, Parigi Tengah dan Kecamatan Parigi Utara. Selanjutnya rayon III terdiri dari Kecamatan Siniu, Ampibabo, Toribulu dan Kecamatan Kasimbar. Kemudian rayon IV terdiri dari Kecamatan Tinombo Selatan, Sidoan dan Kecamatan Tinombo, rayon V terdiri dari Kecamatan Palasa, Tomini, Mepanga dan Kecamatan Ongka Malino, serta rayon VI terdiri dari Kecamatan Bolano, Bolano Lambunu, Taopa dan Kecamatan Moutong.
“Jumlah peserta yang mengikuti kejuaraan Tarkam dari cabang atletik fun run yang sudah mendaftar hingga saat kurang lebih 1.300 orang, cabang olah raga bola voli setiap rayon mengutus masing-masing satu tim putra dan tim putri yang masing-masing tim berjumlah 12 orang. Cabang olah raga bulutangkis sebanyak dan 24 orang dan cabang olahraga senam yang diikuti oleh para tenaga medis, bidan dan kader posyandu sebanyak 24 tim. Jumlah keseluruhan peserta dari empat cabang olahraga pada kejuaraan tarkam ini berjumlah 1.586 orang,”ujar Faisan.
Lanjut Faisan, untuk sumber pembiayaan kejuaraan tarkam tersebut berasal dari dana Kemenpora dan APBD Kabupaten Parmout tahun anggaran 2024.
Sayang acara pembukaan tarkam tersebut kurang meriah jika dibandingkan pada pembukaan tarkam tahun 2023 lalu yang dihadiri ribuan peserta dan pengunjung. Ketika itu Bupati Parmout masih dijabat oleh Samsurizal Tombolotutu. Sedangkan pada pembukaan tarkam tahun ini hanya dihadiri ratusan peserta dan tamu undangan. AJI